Wisata Kuliner di Solo yang tak Boleh Terlewatkan

Solo terkenal akan wisata sejarah dan budayanya. Di kota yang dulunya adalah pusat kerajaan ini banyak ditemukan situs-situs bersejarah seperti makam, banteng, hingga keratin yang masih digunakan hingga saat ini. Bicara mengenai Solo, tak lengkap juga rasanya jika tidak menyebut kulinernya. Seperti beberapa daerahdi Jawa lainnya, Solo juga mempunyai kuliner andalan yang terkenal hingga ke penjuru tanah air. Mungkin salah satunya sudah kamu kenal. Nah, berikut ini beberapa wisata kuliner di Solo yang perlu ketahui sehingga saat berkunjung ke sana kamu tidak bingun untuk makan apa:

Bale Padi Resto

Bale Padi Resto

Bale Padi Resto

Rumah makan ini menawarkan sensasi makan di alam pedesaan yang asri. Letaknya di Jl. Kadilangu, Baki Pandeyan, Solo. Jika kamu berkunjung ke sini, kamu bisa menikmati hidangan di tengah-tengah hamparan sawah nan hijau ditemani semilir angin yang sejuk. Makanan yang disajikan di sini pun kebanyakan adalah makanan tradisional seperti empal gepuk, tumis tahu, oseng tempe dan lain sebagainya. Sangat tradisional bukan? Untuk minuman pun tak kalah tradisionalnya, misalnya saja kelapa muda rempah bakar. Minuman ini sangat cocok dinikmati di siang yang terik. Restoran ini sendiri buka mulai pukul 07.00 pagi sampai 22.00 malam.

Serabi Notosuman

Serabi Notosuman

Serabi Notosuman

Tak hanya bandung yang punya jajanan surabi, Solo pun punya. Asal mula nama Notokusuman adalah karena dulunya pedagang menjajakan seabinya di Jl. Notokusuman (sekarang Jl. Moh. Yamin). Serabi ini cukup unik karena disajikan dengan aneka rasa seperti coklat dan original. Uniknya serabi notokusuman tidak diberi kuah dan hanya dibungkus dengan daun pisang. Jika berkunjung ke Solo, jadikan serabi ini sebagai jajanan kamu pas perut lapar. Serabi notokusman juga bisa digunakan sebagai olh-oleh.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Warung Selat Mbak Lies

Warung Selat Mbak Lies

Warung Selat Mbak Lies

Selat adalah bahasa orang Solo untuk menyebut salad. Jadi jangan terkejut nanti jika kamu datang ke warung ini pesan selat lalu dihidangkan salad. Warung mbak Lies ini berada di Jl. Serengan 42, Solo. Seperti salad pada umumnya, di sini pun menggunakan aneka macam sayur dan juga campuran daging sesuai permintaan. Menu favorit di restoran ini adalah selat bestik yang berisi irisan daging sapi, wortel, telur pindang, buncis, kentang goreng, selada, irisan bawang merah, acar mentimun dan mayonnaise Jawa.

Tengkleng Bu Edi

Tengkleng Bu Edi

Tengkleng Bu Edi

Tengkleng adalah makanan khas Solo berupa tulang kambing yang disajikan dengan kuah santan yang gurih. Banyak sekali warung tengkleng yang berjualan di Solo, salah satu yang paling terkenal adalah warung tengkleng milik Bu Edi yang beralamat di gapura utara pasar Klewer. Tengkleng ini cukup digemari oleh masyarakat Solo. Bahkan hanya dalam waktu 3 jam sudah habis.

Timlo Sastro

Timlo Sastro

Timlo Sastro

Timlo juga merupakan salah satu wisata kuliner di Solo yang terkenal di kalangan masyarakat. Makanan ini sangat mudah dijumpai di Solo. Salah satu yang recommended adalah Timlo Sastro. Alamatnya ada di belakang Pasar Gede Timur. Warung timlo ini hanya buka siang hari mulai pukul 06.00 pagi sampai 03.00 sore. Warung ini sangat terkenal di masyarakat Solo dan sekitarnya karena sudah berdiri sejak tahun 1952.

Sponsored link:

loading...

Related Posts