Wisata Kuliner Cirebon dari Tradisional Sampai Modern

Cirebon adalah kota yang berada di ujung timur wilayah pantura Jawa Barat, berbatasan langsung dengan Jawa tengah. Tak heran budayanya pun bercampur antara Sunda dan Jawa. Percampuran budaya itu berpengaruh ke dalam makanan juga. Cita rasa makanan Cirebon tidak hanya berbau sunda, tapi juga ada sentuhan bumbu Jawa di dalamnya. Jika kamu ingin berlibur dan mencari panganan enak di Kota Udang ini, berikut kamu berikan informasi mengenai beberapa tempat wisata kuliner Cirebon yang lezat.

wisata kuliner enak di cirebon

Empal Gentong Krucuk

Empal gentong adalah salah satu makanan khas Cirebon yang wajib kamu cicipi tiap kali datang ke kota ini. Masakan ini sangat terkenal dikalangan orang Cirebon sendiri. Salah satu warung empal gentong yang terkenal di Cirebon adalah empal gentong Krucuk. Warung kepunyaan Mang Darma ini sudah berdiri sejak 80 tahun lalu. Bumbunya sangat khas dan tradisional yang merupakan resep rahasia warisan keluarga yang turun temurun. Memasak empal gentong ini tidak sembarangan karena harus menggunakan kayu bakar yang berasal dari pohon asem. Sehingga nanti aromanya menjadi khas.

wisata kuliner Cirebon

Nasi Jamblang

Ini adalah salah satu kuliner khas Cirebon yang sudah terkenal dimana-mana cirri khas dari nasi jamblang adalah bungkusnya yang menggunakan daun jati. Daun jati akan memberikan aroma yang khas menggugah selera makan. Salah satu warung makan yang menyediakan Nasi Jamblang terkenal di Cirebon adalah Nasi Jamblang Mang Dul. Warung mang Dul memang sudah terkenal sejak dulu. Bahkan, buka dari pagi hari, nasi Jamblang di warung mang dul sudah habis pada sore harinya. Rasanya yang khas serta harganya yang bersahabat, membuat kuliner khas Cirebon ini banyak diburu oleh wisatawan yang sedan berkunjung ke Cirebon. Bagaimana, kamu ingin jadi salah satunya?

Sponsored link:

Advertisement by Google

kuliner khas cirebon

Tahu Gejrot

Semua orang pasti tahu makanan ini karena penjualnya sudah menjelajah ke seluruh kota di Jawa, bahkan hingga ke luar pulau. Hai ini menunjukan kalau Tahu gejrot sebagai salah satu ikon wisata kuliner di kota Cirebon juga sangat disukai masyarakat Indonesia pada umumnya. Harganya yang murah dan rasanya yang super membuat semua orang dapat menikmatinya. Makanan berbahan dasar tahu ini disajikan dengan potongan kecil-kecil lalu disiram dengan saus encer yang terbuat dari gula merah. Kalau ingin menambah cita rasa pedas kamu bisa menambahkan beberapa cabe di dalamnya. Yang unik lagi adalah penyajiannya dipiring kecil yang terbuat dari tanah liat yang semakin membuat makanan terlihat unik.

Fresqa Bistro

Jika di atas adalah makanan khas Cirebon yang mewakili tradisionalitas, kali ini adalah kuliner yang menggambarkan modernitas di kota Cirebon. Meskipun letaknya di dalam sebuah hotel (Batiqa Hotel), tapi makan di Fresqa Bistro ini harganya bukan harga Hotel. Di sini adalah tempat yang biasa digunakan untuk nongkrong anak muda di Cirebon. Dengan menu modern Indonesia maupun mancanegara, restoran ini jadi tempat yang pas untuk hangout bareng teman di akhir pekan. Bagi kamu yang belum pernah ke Cirebon dan mau menikmati kuliner di tempat nongkrongnya anak muda Cirebon, Fresqa Resto di Hotel Batiqa lah tempatnya. Jangan khawatir kantong akan jebol, karena harga makanan di sini sangat sesuai dengan kantong anak muda.

Sponsored link:

loading...