Warna Cat Tembok yang Sesuai untuk Daerah Beriklim Panas

Pada daerah yang memiliki iklim panas, suhu udara bisa mencapai 100 derajat Celsius dan kelembaban udara seringkali cenderung tinggi sepanjang tahun, sehingga pemilihan warna cat tembok bagi interior harus berhati-hati. Jika kebetulan Anda tinggal pada daerah dengan iklim yang panas, pilihlah warna cat yang akan menimbulkan nuansa kesejukan serta tampak cerah tanpa harus menambah kesan lebih panas pada hunian Anda tersebut.

warna cat tembok untuk ruang tamu

Via : jpnn.com

Berikut ini ada beberapa gaya warna cat yang akan menciptakan suasana lebih sesuai bagi tempat tinggal Anda. Silahkan disesuaikan dengan kondisi tempat tinggal Anda dan pastikan Anda menemukan suasana yang diinginkan untuk keluarga.

Ruangan yang teduh

Demi tercapainya sebuah ruangan yang teduh, Anda dapat mengatur tata letak taman di hunian Anda termasuk letak pepohonan sehingga akan efektif menyaring sinar matahari agar tidak langsung tembus ke dalam interior Anda. Sementara jika ruangan dirasakan terlalu gelap, menyalakan lampu pencahayaan sepanjang hari bukanlah pilihan yang bijaksana, selain menambah kesan panas pada ruangan, pemakaian listrik juga akan membengkak. Oleh karena itu, pada ruangan yang teduh ini terapkanlah warna-warna yang cerah seperti hijau dan biru laut untuk mencerahkan interior tanpa menimbulkan kesan rasa panas pada ruangan. Warna hijau dan biru pada dinding yang terpantul oleh cahaya matahari, akan semakin menimbulkan kesan ringan serta segar pada seluruh ruangan.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Ruangan yang segar dan cerah

Warna-warna kuning muda, merah muda akan menciptakan kesan rasa dingin dan terang sehingga ada kalanya diperlukan penambahan warna aksen seperti hijau tua atau merah tua untuk menambah kedalaman visual pada ruangan. Anda juga dapat berkreasi dengan menambahkan unsur warna hijau lumut pada kain serta aksesori lainnya sehingga akan semakin memperkuat kesan cerah pada seluruh ruangan.

Ruangan dengan panas yang lebih banyak

Jika kebetulan ada ruangan pada hunian Anda yang menghadap ke timur atau selatan, maka intensitas sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan akan lebih besar. Anda dapat mengatasi hal ini dengan mengecat dinding yang terkena sinar matahari menggunakan warna segar dan lembut seperti warna putih atau biru muda. Tambahkan kain biru dan putih dengan tekstur halus sebagai aksesori penghias ruangan. Perhatikan juga warna aksesori yang lain pada ruangan ini, pilihlah aksesori berwarna gelap sehingga akan menarik secara visual.

Ruangan yang berukuran besar

Para arsitek kadang kala sengaja menciptakan desain ruangan yang berukuran besar serta terbuka untuk daerah beriklim panas. Namun ruangan berukuran luas ini pun dapat menjadi berkesan panas jika penggunaan warna cat tembok terlalu banyak. Sebuah skema warna lebih dari tiga warna berbeda akan menimbulkan semangat secara psikologi dan tentunya juga menimbulkan kesan panas pada ruangan. Pilihlah warna-warna netral dari unsur elemen bumi seperti krem, coklat dan hitam. Aksen warna cat emas juga akan memperkuat tampilan ruangan Anda. Skema warna monokromatik selain nyaman sekaligus segar bagi interior yang berukuran luas.

Sponsored link:

loading...

Related Posts