Wajib Dibaca! Tips Mengajar Anak Mandiri Ketika Ibu Bekerja

Saat ini banyak ibu yang juga ikut bekerja untuk membantu perekonomian keluarga. Berpisah dengan anak apalagiĀ  yang masih bayi pasti sangat berat, karena saat itu sang bayi masih membutuhkan perhatian sang ibu. Saat pergi meninggalkan sang bayi akan terasa sangat berat terutama jika sang bayi menangis saat ditinggalkan pergi ke kantor hal tersebut bisa membuat konsentrasi sang ibu pecah dikala bekerja.

mendidik-anak-agar-mandiri

Tapi keadaan seperti itu bukan berarti sang ibu tidak bisa pergi bekerja, berikut ini ada tips untuk mengatasi tangisan sang bayi dan mengajarkannya untuk belajar mandiri butuh kesabaran tapi bisa dilakukan dan dapat menghilangkan rasa cemas saat ditinggalkan bekerja.

Belajar sambil bermain

Ajak bermain petak umpet untuk mengajarkan konsep tentang kekonstanan sebuah objek, sehinggaanak akan mengerti sebenarnya ibu tetap ada meskipun dia tidak melihat nya saat itu. Hal tersebut untuk memberikan gambaran bahwa meskipun sang ibu meninggalkannya untuk bekerja, namun nanti akan kembali lagi, sehingga sang bayi tidak akan menangis lagi saat ditinggalkan.

Berkomunikasi

Sponsored link:

Advertisement by Google

Walaupun terlihat diam dan tidak merespon, tapi bayi mengertiapa yang dibicarakan jadi jangan pergi bekerja tanpa pesan. Berbicaralah padanya bahwa anda akan pergi bekerja dan dia akan bersama dengan pengasuh atau keluarga lain, dapat juga menyampaikan pesan misalnya jangan nakal atau menyuruhnya bermain dan belajar dengan pengasuh selama ibu pergi. Yakinkan juga bahwa anda (ibu) akan pulang dengan waktu yang dimengertinya , misalnya setelah dia mandi sore hari.

Hindari menyelinap pergi

Untuk menghindari tangis anak, banyak ibu yang menyelinap pergi padahal hal ini akan membuat anak marah dan tidak percaya pada sang ibu, dan hasilnya akan membuatnya terus menangis karena tidak menemukan ibu yang pergi diam-diam. Ada baiknya memberitahukan kepergian kita dengan memberikan senyuman dan meyakinkannya bahwa semua akan baik-baik saja. Hal tersebut akan membuat sang anak melepaskan kepergian sang ibu dengan sukarela dengan iringan senyuman yang dapat membuat semangat kerja sang ibu meningkat dan bekerja akan terasa singkat.

Berikan Rasa Aman

Responlah tangisan anak andasejak bayi, karena hal tersebut mengindikasikan bahwa dia membutuhkan sesuatu dari anda. Dengan selalu diresponnya setiap tangisan anak dan semua kebutuhannya terpenuhi maka sang anak merasakan dirinya dicintai. Selain itu , kemampuan untuk menenangkan diinya sendiri akan ikut berkembang sehingga akan lebih mudah mengatasi rasa cemas yang dirasakannya saat anda tinggalkan bekerja.

Semua tips diatas ada baiknya dilakukan sejak dini sehingga anak dapat hidup mandiri terutama saat ditinggal bekerja oleh orangtuanya.

Sponsored link:

loading...

Related Posts