Tips Sederhana Perawatan Rambut Sehari-Hari yang Perlu Kita Ketahui

Rambut bagi wanita adalah sebuah mahkota yang mendukung keseluruhan penampilan mereka. Dengan berbagai jenis rambut yang ada, perawatan untuk rambut pun sudah pasti berbeda-beda juga. Pada dasarnya, anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan perawatan rutin bagi rambut anda. Bahkan beberapa metode perawatan rambut bisa dilakukan di rumah dengan mudah dan murah. Yang paling penting dalam hal ini adalah anda harus mengerti kondisi rambut anda termasuk masalah yang sedang dialami. Berikut ini adalah beberapa tips merawat rambut untuk masalah rambut yang berbeda-beda.

perawatan rambut

Untuk mengatasi rambut panjang yang rontok, beberapa solusi sederhana dapat anda praktikan di rumah. Pertama-tama, begitu anda bangun tidur setiap pagi, akan lebih baik bila anda menyisir rambut anda dengan menggunakan jemari anda. Janganlah tergesa-gesa menggunakan sisir apalagi yang bergigi rapat. Ketika akan keramas, sisirlah terlebih dahulu rambut anda, kemudian ulangi langkah ini dalam posisi rambut masih basah dan juga saat diberi conditioner.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Jika anda gemar menggunakan alat pengering rambut yang juga biasa disebut hairdryer, pastikan suhunya tidak terlalu panas. Pastikan pula untuk tidak terlalu dekat memposisikan alat tersebut ke arah rambut untuk menjaga rambut dari panas yang berlebih. Atau jika perlu gunakan serum khusus yang dibuat untuk menjaga rambut anda dari panas yang dihasilkan oleh alat hairstyling. Hal ini sama saja ketika anda harus menggunakan catok atau alat jenis lain yang menyebabkan panas pada rambut anda.

Ketika akan tidur, gerailah rambut anda untuk mencegah kekusutan yang biasanya terjadi di pagi hari ketika bangun tidur. Hindari mengikat rambut yang masih basah baik setelah keramas atau karena keringat. Hal ini agar rambut anda tidak mudah lepek. Konsumsilah makanan yang kaya akan protein serta zat besi yang dapat memperkuat batang rambut hingga ke akarnya. Agar penyerapan zat besi berjalan dengan baik dalam tubuh anda, alangkah lebih baik lagi jika anda juga secara teratur mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C.

Selain merawat rambut anda sehari-hari secara rutin, jangan lupa juga melakukan perawatan ekstra setiap minggunya agar rambut lebih sehat dengan bahan-bahan alami yang mudah didapat dan diolah sebagai masker rambut. Berbagai bahan alami yang bisa anda gunakan sebagai bahan dasar masker rambut sehat anda adalah telur, yogurt plain, minyak Zaitun dan sari jeruk nipis, madu dan alpukat.

Cara pengaplikasiannya tidaklah begitu rumit sama halnya dengan mengaplikasikan conditioner di rambut anda. Hanya saja, kali ini, anda harus membalurkan masker rambut ini ke seluruh rambut agar hasilnya maksimal. Diamkan sekitar 15 menit dengan menutupnya dengan handuk panas sebelum akhirnya mencucinya dengan sampo kesayangan anda.

Sponsored link:

loading...

Related Posts