Tips Perawatan Rambut Kering Dan Mengembang Agar Mudah Diatur

Tips perawatan rambut kering dan mengembang – Bagaimana cara terbaik dalam merawat rambut kering dan mengembang? Rambut yang kering dan mengembang sangat sulit diatur. Rambut jadi sulit ditata rapi. Hal ini tentunya sangat mengganggu aktivitas kita. Rambut kering dan mengembang menjadikan penampilan kita seperti singa dengan surainya yang lebat. Lantas, bagaimana jika jenis rambut kita sangat kering dan cenderung mengembang? Perawatan seperti apa yang seharusnya dilakukan?

Tips perawatan rambut kering dan mengembang

Rambut menjadi sangat kering dan sulit diatur bisa diakibatkan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah penggunaan produk perawatan rambut yang salah, terlalu sering menggunakan obat-obatan rambut, terlalu sering menggunakan pengering atau catok rambut, efek buruk dari sinar matahari atau dampak dari zat klorin yang biasanya terdapat di air kolam renang. Untuk mengatasi rambut kering dan mengembang bisa dimulai dari tahap-tahap berikut ini:

  • Kurangi penggunaan shampoo

Mencuci rambut setiap hari dengan shampoo yang terlalu banyak dapat membuat rambut menjadi sangat kering. Oleh karena itu, gunakan shampoo secukupnya saja dan keramas setiap dua hari sudah cukup untuk membersihkan rambut. Keramas setiap hari dapat menghilangkan minyak alami pada rambut. Gunakan shampoo yang khusus diformulakan untuk rambut kering.

Sponsored link:

Advertisement by Google

  • Gunakan Kondisioner

Kondisioner atau pelembab rambut sangat dibutuhkan oleh rambut yang kering. Pastikan kondisioner yang dipilih tidak mengandung alcohol karena alcohol justru membuat rambut semakin kering.

  • Pijat Kulit Kepala

Rambut kering sangat mudah bercabang, patah dan mengembang. Oleh karena itu, rawat rambut kering kita dengan cara memijat kulit kepala dengan lembut agar minyak alami kulit keluar dan tersebar merata pada setiap helai rambut. Akan tetapi, hindari memijat kulit kepala dengan kuku agar kulit kepala tidak luka dan teriritasi. Jangan memijat terlalu keras, sebaliknya pijat perlahan dengan tekanan ringan saja.

  • Menyisir Dengan Benar

Agar minyak alami yang keluar setelah pemijatan dapat tersebar merata, sebaiknya kita menyisir rambut beberapa kali setelahnya. Namun, pastikan rambut tidak dalam keadaan basah. Keringkan terlebih dahulu dengan handuk lembut lalu sisir perlahan. Gunakan sisir yang tepat yaitu sisir yang bergigi jarang. Jika mungkin, hindari sisir plastik karena plastik bersifat mengembangkan rambut. Sebaiknya gunakan sisir dari kawat lunak atau dari bulu.

  • Biarkan Rambut Bebas

Jika teman-teman suka menggunakan hiasan rambut seperti karet pengikat, penjepit ataupun bando, sebaiknya lepaskan ketika akan tidur. Bebaskan rambut dari tarikan dan biarkan rambut bebas terurai saat tidur. Rambut juga perlu beristirahat bernafas agar peredaran darah lancar dan rambut berkurang kekeringannya.

  • Gunakan Minyak Rambut

Gunakan beberapa minyak alami seminggu sekali untuk mengurangi kekeringan rambut. Saat ini banyak dijual minyak khusus untuk perawatan rambut seperti minyak morocco, minyak zaitun dan minyak kelapa murni.

Sponsored link:

loading...

Related Posts