Tips Merencanakan Keuangan Dengan Mudah Agar Lebih Stabil

Tips merencanakan keuangan ini akan sangat menarik sekali buat Anda. Memiliki keuangan yang stabil dan mumpuni adalah dambaan setiap orang. Sayangnya, tidak semua orang bisa mewujudkan keinginan ini. Memiliki kondisi keuangan yang baik sebenarnya mudah saja. Rahasianya terletak pada kemauan dan disiplin.

tips merencanakan keuangan

Pada dasarnya, merencanakan keuangan itu tergantung pada kebijakan kita dalam mengalokasikan anggaran yang ada. Membuat rincian keuangan dan taat pada “aturan main” yang telah kita tetapkan.

Perencanaan keuangan yang baik memiliki beragam manfaat menarik, diantaranya:

  • Semua tagihan wajib seperti cicilan rumah, tagihan kartu kredit, cicilan kendaraan, dll dapat dibayarkan dengan lancar dan tepat waktu.
  • Memungkinkan kita menabung dan mempersiapkan dana darurat dengan baik. Tabungan yang direncanakan dengan baik akan memungkinkan kita mencapai apa yang diinginkan dengan tepat waktu, contoh: liburan setiap tahun. Dana darurat yang dipersiapkan dengan baik bermanfaat untuk menopang keuangan pada kondisi yang tidak diinginkan, misalnya disaat sakit.
  • Mempersiapkan hari tua dengan lebih baik. Dengan merencanakan keuangan dan disiplin dalam menjalankannya, jumlah tabungan yang terkumpul untuk hari tua pun akan lebih banyak dan kita akan lebih siap dalam menjalaninya. Tentunya semua orang mendambakan untuk menjalani hari tua yang nyaman dan bebas dari kekhawatiran finansial.

Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana caranya membuat anggaran keuangan yang baik? Tips sederhana berikut bisa membantu Anda :

Sponsored link:

Advertisement by Google

  • Sejak kali pertama Anda menerima gaji, jangan pernah menunda-nunda untuk segera membayarkan semua kewajiban , ex : cicilan kendaraan, cicilan rumah, dll.
  • Buatlah rekening bank khusus untuk menabung. Karena menabung sedikit jauh lebih baik daripada Anda tidak mempunyainya sama sekali, bahkan berdasarkan pengalaman tabungan yang sedikit mampu membuat sebuah perubahan besar dalam kehidupan. Tentukanlah jumlah tabungan Anda, idealnya antara 5 sd 10% gaji bersih. Semakin besar kemampuan untuk meyisihkan dana atau menabung ini tentunya akan jauh semakin baik.
  • Pada saat Anda akan pergi untuk berbelanja keperluan sebulan, selalu catat apa saja barang-barang yang ingin dibeli. Ingat! Bedakan antara kebutuhan dan keinginan.
  • Hindari transfer uang ke akun bank berbeda untuk menghindari biaya transfer.
  • Siasati hobby dengan cara tertentu yang bisa membantu menghemat uang. Sebagai contoh saja misalnya, bila kita mempunyai hobby membaca buku serta menonton film, nah, disini kita bisa meminjam buku-buku kesukaan kita dari perpustakaan serta meminjam film di DVD rental.
  • Menyiapkan bekal untuk makan dari rumah merupakan ide yang sangat bagus. Selain jauh lebih sehat karena terjamin kebersihannya, selain itu kita juga bisa menghemat sejumlah uang bila dibandingkan makan diluar.
  • Usahakan untuk selalu mengeluarkan jumlah uang yang lebih sedikit daripada apa yang telah direncanakan. Sebagai contoh, bila ingin membeli pakaian model terbaru, meski telah mengalokasikan uang sebesar Rp 150.000,00, kita bisa menyiasatinya dengan memilih dan membeli baju dengan merk yang lain, yang harganya jauh lebih murah.

Membuat anggaran keuangan itu ternyata mudah bukan? Tunggu apalagi, ayo mulai merencanakan keuangan Anda untuk masa depan yang lebih baik.

Sponsored link:

loading...

Related Posts