Tips Merawat Wajah dengan Masker Buatan Sendiri Bagi Wanita

Tips merawat wajah dengan maker buatan sendiri banyak dicari oleh para wanita. Kulit wajah yang bersih, putih, sehat adalah impian bagi wanita. Banyak wanita melakukan berbagai perawatan kulit wajah. Mereka rela membeli dan menggunakan berbagai produk kecantikan. Padahal produk-produk kecantikan di pasaran umumnya mengandung bahan kimia yang menimbulkan efek samping termasuk alergi akibat pemakaian produk yang terlalu keras dan tidak cocok. Oleh karena itu banyak wanita memilih membuat masker sendiri menggunakan bahan alami, sehingga membutuhkan tips merawat wajah dengan masker alami. Perawatan wajah secara alami yang banyak digunakan adalah dengan masker. Bahan alami masker membuat manfaat yang diperoleh lebih tahan lama dan tanpa efek samping. Kegunaan masker ialah untuk menjaga kecantikan wajah agar tetap halus, mencegah penuaan dini dan mengatasi permasalahan kulit. Cara merawat wajah dengan masker mudah dilakukan.

Tips Merawat Wajah Dengan Masker Buatan Sendiri

Membuat Masker dengan Madu dan Buah

Madu juga bagus digunakan untuk membuat masker wajah alami. Sebelum memakai masker madu, bersihkan wajah terlebih dahulu. Lalu oleskan pada wajah secara merata. Diamkan sekitar 15-30 menit, kemudian bersihkan memakai air hangat, lalu bilas memakai air dingin guna mengecilkan pori-pori kulit. Wortel cocok bagi kulit normal berminyak. Caranya rebus wortel kemudian hancurkan. Setelah itu campur dengan sedikit madu, kemudian oleskan masker wortel ini ke seluruh wajah. Tunggu selama 10 menit, lalu bersihkan dengan air dingin. Apel cocok bagi kulit berminyak yang berjerawat. Caranya parut apel, lalu tambahkan 5 sendok makan madu. Kemudian oleskan pada wajah dan tunggu 10 menit, kemudian bersihkan pakai air dingin.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Membuat masker untuk berbagai jenis kulit

Jenis kulit berminyak mempunyai kelebihan yaitu terhindar dari kulit keriput dan kusam, namun kulit berminyak rentan terhadap jerawat, pori-pori kulitnya besar. Pori-pori besar memudahkan masuknya kotoran yang bisa membuat pori-pori tersumbat dan menimbulkan komedo. Bagi yang memiliki kulit berminyak bisa membuat masker untuk kulit berminyak dari parutan bengkoang dan kentang, yang dipakai setiap sebelum tidur.

Berbeda dengan kulit berminyak, kulit berjenis kering relatif aman dari jerawat, tapi lebih mudah terlihat keriput dan kusam bahkan sampai seperti bersisik. Warna kulit yang cenderung tidak rata dan keriput menjadi awal proses penuaan dini. Oleh karena itu perawatan dengan masker alami penting dilakukan oleh pemilik kulit kering. Masker yang sesuai untuk merawat kulit kering ialah masker berbahan putih telur dan madu. Caranya ambil bagian putih telur saja, kocok dalam wadah sampai berbusa, lalu tambah dengan madu. Setelah itu gunakan pada wajah. Tunggu selama 30 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.

Masker lainnya yang dapat dibuat yaitu masker yang berbahan pisang, madu dan yogurt. Caranya blender 2 buah pisang, 1 sendok makan madu dan yogurt. Kemudian tempelkan masker secara merata pada wajah. Diamkan selama 20 menit kemudian bersihkan muka memakai air hangat. Masker timun dan lidah buaya juga bagus digunakan. Caranya membuatnya, kupas timun lalu potong kecil-kecil, kemudian blender bersama lidah buaya. Usapkan merata ke muka. Biarkan selama 30 menit kemudian bersihkan muka dengan air dingin.

Walaupun hasil yang didapat dari masker buatan sendiri yang berbahan alami tidak secepat bila memakai produk yang mengandung bahan kimia, namun masker alami lebih aman digunakan dalam jangka panjang. Di samping itu aneka perawatan kecantikan tradisional ini merupakan kekayaan budaya yang perlu dilestarikan. Kaum wanita membutuhkan tips merawat wajah dengan masker buatan sendiri.

Sponsored link:

loading...

Related Posts