Tips Mengurus Bayi Sendiri Tanpa Bantuan

Memiliki buah hati tentunya sesuatu yang membahagiakan.Namun mengurus bayi sendiri pastinya melelahkan, belum lagi apa bila masih mau mengurus hal lainnya seperti pekerjaan rumah tangga ataupun pekerjaan sambilan lainnya. Namun di negara berkembang, kebanyakan orang tua justru lebih memilih untuk mengurus buah hati mereka sendiri. Baik karena keputusan sendiri untuk mengurus anak sendiri ataupun karena belum menemukan pengasuh/ orang yang bisa membantu mengurus, berikut adalah tips mengurus bayi sendiri:

1. Niat dan Percaya diri

Kemampuan merawat bayi Anda akan terasah jika anda mandiri dan percaya diri, serta berani melewati trial-error, dan tidak mudah menyerah kalaupun muncul kebingungan dan rasa khawatir. Pada dasarnya, semua Ibu memiliki kemampuan naluriah tentang bagaimana merawat bayinya.Jangan ragu untuk bertanya kepada teman, saudara, ataupun rekan yang lebih senior untuk meningkatkan wawasan dan mendengarkan pengalaman orang lain.

2. Bonding dengan bayi

Bonding dengan bayi perlu dibangun sedini mungkin, bahkan sejak dilahirkan. Bayi sangat membutuhkan sentuhan ibu, mencium aroma tubuh ibu, bermain bersama ibunya untuk menciptakan perasaan aman dan nyaman. Begitu tumbuh besar, si kecil akan selalu merasa dekat dengan ibu. Jika kebiasaan merawat bayi tanpa bantuan ini berlanjut terus menerus, si kecil pun memiliki kelekatan kuat dengan ibu. Dengan bonding yang baik, si kecil akan menjadi lebih “anteng” dan lebih mudah di asuh.

4. Pemberian susu

Sebisa mungkin berikan ASI. Karena daya tahan tubuh bayi lebih bagus dgn ASI. Jadi anak menjadi lebih jarang sakit dan orang tua tentu saja dipermudah jika bayi sehat. Dan sebisa mungkin berikan ASI secara langsung, selain untuk bonding, juga membuat anak menyerap nutrisi lbh baik. Sel darah putih hidup dan gizi yang masih segar langsung di konsumsi bayi. Selain itu jika menyusui lagsung, tidak repot menyediakan berbagai peralatan sprti botol susu, dsb.

Namun jika tidak memungkinkan memberi asi dan harus menggunakan susu formula, berikan susu formula yang baik. Penggunaan botol susu ataupun peralatan makan juga harus memperhatikan kebersihannya. Pastikan botol susu sudah di bersihkan dan sterilkan dengan baik. Karena pencernaan bayi masih sangat rentan terkena bakteri. Atur waktu untuk mencuci dan mensteril botol susu si kecil pada 1 waktu (sekalian) agar lebih mempersingkat waktu. Gunakan alat sterilizer untuk mempermudah Anda.

5. Disiplin waktu

Ajari bayi untuk bisa membedakan siang malam sedini mungkin. Biarkan bayi menyadari bahwa saat terang adalah waktu beraktifitas normal
Di pagi hari-menjelang malam biasakan dirumah aktifitas seperti biasa. Jika bayi sedang tertidur, cukup atur agar suasana tidak terlalu bising. Namun tidak perlu sampai menghilangkan sumber suara sama sekali. Biasakan suasana yg terang di dalam rumah saat siang hari. Sebaliknya, dimalam hari atur agar suasana hening dan lampu redup. Umumnya bayi dapat lebih mengenali siang dan malam di usia 3-4 bulan, beberapa bayi mungkin lebih cepat atau lambat. Namun jika bayi dapat belajar lebih cepat disiplin waktu. Ini akan sangat membantu kita mengatur waktu dan pekerjaan yang lainnya.

6. Siapkan bayi agar tidur dengan nyaman

Sponsored link:

Advertisement by Google

Gunakan bahan sprei yang nyaman; tempat tidur bayi bersih dan rapih; siapkan selimut dan bantal pada tempatnya. Pastikan tempat yang nyaman sudah tersedia sebelum bayi Anda akan tidur, sebab sering kali bayi tidak memiliki jadwal tidur yang benar-benar pasti. Pastikan ketika Anda akan meletakannya di tempat tidurnya, ia akan merasa nyaman.

7. Peletakan / posisi barang-barang

Pernah dengar istilah “Posisi menentukan prestasi?”. Begitu juga hal ini menjadi salah satu yang perlu diperhatikan jika Anda mengurus bayi sendiri. Anda tidak ingin kerepotan kan dalam mengambil barang-barang yang anda perlukan disaat Anda sibuk dengan bayi Anda? Letakan peralatan yang paling sering Anda gunakan untuk mengurus bayi di posisi yang mudah diambil untuk Anda.

Letakan celana/ popok bayi, dan perlengkapan bayinya di tempat Anda biasa mengganti popoknya.
Siapkan juga pakaian bayi Anda dan peralatan sehabis mandi seperti minyak teon, cream dsb sebelum anda memandikan nya. Sehingga setelah bayi Anda selesai mandi, anda tidak kerepotan lagi atau bolak balik mengambil pakaian maupun perlengkapannya.

8. Sinar matahari

Mengapa? Karena matahari membantu mencegah bayi sakit, selain itu vitamin D yang terkandung pada matahari pagi membuat tulang bayi kuat sehingga pertumbuhan motorik bayi akan semakin cepat berkembang. Matahari pagi juga membantu mengurangi kejenuhan dan depresi pada bayi. Jadi jangan jemur bayi Anda disaat dia baru lahir saja, atau karena bilirubinnya tinggi. Namun usahan sempatkan waktu Anda sejenak dipagi hari untuk menjemur buah-hati Anda. Ia tetap membutuhkan Vitamin D seiring pertumbuhannya. Matahari pagi: Sehat, Praktis dan Gratis loh!

9. Belajar dan lakukan Pelatihan / Pendidikan

Ini adalah hal yang sangat penting! Anda memerlukan pengetahuan yang luas agar tidak bingung mengurus bayi Anda. Jangan ragu untuk bertanya dan belajar dar orang yang lebih berpengalaman mengurus bayi sebelumnya. Ikuti pelatihan dirumah sakit ataupun lembaga kesehatan lainnya jika diperlukan. Dan jangan enggan bertanya dan belajar dari dokter Anda jika Anda ada kebingungan soal kesehatan bayi Anda.

10. Peralatan dan perlengkapan yang memadai

Untuk dapat menghemat tenaga dan waktu Anda yang pastisnya sangat sibuk mengurus anak Anda sendir, Anda membutuhkan peralatan dan perlengkapan yang memadai. Seperti: gendongan yang nyaman untuk meringankan Anda menggendong bayi, tempat tidur bayi untuk menjaga bayi tidak terjatuh dari tempat tidur, rocking chair / bouncer untuk meletakan bayi Anda di tempat yang Anda inginnya dengan lebih mudah, baby bather untuk membantu Anda memandikan bayi Anda terutama jika ini adalah pengalaman pertama Anda memandikan bayi, high chair untuk meletakan bayi Anda saat ingin makan dan sebagainya. Sesuaikan peraltan dan perlengkapan Anda sesuai dengan kebutuhan Anda dan peletakan barang-barang Anda dirumah.

Kesimpulannya adalah semakin bayi sehat, tenang dan bahagia; sebagai orang tua juga akan semakin mudah mengasuhnya. Sadarilah bahwa mengurus bayi sendiri sebenarnya meningkatkan ketrampilan hidup.Anda dilatih untuk manajemen waktu, belajar untuk meningkatkan performa diri sendiri, melatih kesabaran, mendekatkan Anda dengan anak anda, belajar mengendalikan emosi. Dengan mengurus bayi sendiri dapat mendorong Anda untuk melampaui batas kemampuan diri Anda sendiri, terutama untuk mengurus bayi pertama kali. Dan sadarilah, bahwa segala sesuatu ada waktunya. Bayi Anda kelak akan bertumbuh dan menjadi lebih mandiri. Nikmati masa-masa Anda bersamanya!

Sumber : Buah-hatiku.Com

Sponsored link:

loading...

Related Posts