Tips Mengecat Tembok agar Maksimal dan Hemat

Berapa galon cat tembok yang sekiranya Anda butuhkan untuk mengecat tembok kamar tidur Anda ? Pertanyaan semacam ini seringkali muncul di pikiran kita terutama saat ingin melakukan perubahan warna cat pada sebuah ruangan.

tips mengecat tembok

Nah, kali ini kami ingin sedikit berbagi informasi tentang tips mengecat tembok agar Anda bisa mendapatkan pendekatan yang sesuai dan mengetahui hal apa saja yang harus diperhatikan disini. Harapan kami setelah nanti Anda membaca tulisan ini sudah punya gambaran yang lebih jelas.

Rata-rata, satu galon cat dapat digunakan untuk mengecat sekitar akan meliputi 9 meter persegi. Namun ada pengecualian tergantung warna cat yang akan digunakan. Misalnya, warna cat merah membutuhkan jumlah lebih banyak bahkan kadang-kadang bisa mencapai hampir 4 galon. Perhitungan ini belum termasuk ketika Anda ingin juga mengecat langit-langit ruangan dengan warna yang sama.

Faktor lain yang dapat juga digunakan sebagai bahan pertimbangan adalah kualitas dari cat tembok itu sendiri. Untuk cat dengan kualitas bagus, biasanya Anda hanya memerlukan sedikit pengulangan mengecat agar didapatkan hasil terbaik, tentunya ini juga akan menghemat dana, waktu serta tenaga.

Pada sebagian besar kamar tidur, biasanya membutuhkan sekitar 2 galon cat. Perhitungan serta pertimbangan diatas tentunya berdasar pada hasil akhir terbaik yang bisa Anda peroleh dari cat yang Anda gunakan.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Pertanyaan selanjutnya adalah apa perbedaan antara teknik mengecat dengan menggunakan rol dan menyemprot? Teknik penyemprotan cat biasanya dilakukan untuk sebuah area pengecatan yang luas serta untuk menghemat waktu. Teknik ini lebih sering digunakan terutama untuk eksterior rumah, selain karena luasnya area yang harus di cat, resiko cat yang menyembur ke bagian lain dari tembok, tentunya tidak akan separah jika pengecatan interior dimana resiko semburan cat bisa mengenai aksesori, furniture serta benda berharga lainnya.

Harga sebuah cat tembok pun biasanya dipengaruhi oleh kualitas kepadatan dan persentase kandungan akrilik dalam cat. Semakin tinggi tingkat kepadatan serta mengandung semakin banyak akrilik maka kualitas cat akan semakin bagus yang tentunya berpengaruh langsung pada hasil akhir cat serta usia pakainya.

Lalu hal apa saja yang harus dipertimbangkan saat memilih warna cat pelapis (terutama jika warna cat dinding yang lama berbeda dengan warna cat yang baru). Anda harus melapisi tembok tersebut dengan cat pelapis, sehingga warna cat baru dapat ditampilkan dengan maksimal. Memilih warna abu-abu sebagai cat pelapis, seringkali merupakan solusi sehingga warna cat baru akan lebih mudah muncul ketika diaplikasikan pada dinding. Jika Anda mencoba untuk menutup warna yang lebih gelap dengan warna cat baru yang lebih ringan, jelas Anda akan memerlukan lebih banyak cat pelapis sebelum Anda mengaplikasikan warna cat yang baru pada dinding.

Baca juga : Cara memilih cat tembok

Untuk pengecatan eksterior rumah, sebaiknya Anda memperhatikan kondisi cuaca. Cuaca yang panas justru akan membantu Anda memperoleh hasil terbaik dari cat tembok yang Anda gunakan. Jangan pernah mencoba mengecat eksterior saat cuaca mendung apalagi hujan.

Sponsored link:

loading...

Related Posts