Tips Mengecat Furniture Kayu dengan Warna Cat Tembok Putih

Salah satu cara yang dirasakan efektif untuk mendaur ulang dan merawat furniture di rumah Anda adalah dengan melakukan pengecatan ulang agar nampak kembali baru. Hal ini tentunya jauh lebih murah dan menghemat anggaran dana Anda dibandingkan membeli perabotan yang baru. Agar pengecatan ulang dengan cat tembok berwarna putih dapat dikerjakan dengan hasil yang maksimal, ada beberapa langkah yang sebaiknya Anda ikuti.

tips mengecat furniture

1. Tempatkan mebel yang akan dicat pada alas koran atau karton sebagai alasnya, kemudian gunakan obeng untuk melepaskan semua ornamen aksesori seperti aluminium (pada beberapa desain mebel, bagian engsel, tombol dan sudutnya terdapat hiasan ornamen dari aluminium atau besi). Lalu letakkan ornamen-ornamen tersebut pada tempat terpisah.

Sponsored link:

Advertisement by Google

2. Pakailah amplas (manual maupun listrik) untuk menghaluskan permukaan mebel yang akan dicat. Pastikan menggosok amplas dengan arah yang sama seperti arah serat kayu, sehingga tidak akan merubah tampilan serat kayu mebel Anda. Gunakanlah lap basah untuk mengelap permukaan yang selesai di amplas, agar debu dan sisa kotorannya hilang. Telitilah kembali seluruh permukaan mebel tersebut, jangan sampai masih tersisa bagian yang kurang halus.

3. Mulailah pengecatan pertama memakai cat primer berwarna putih, biarkan hingga mengering dan kemudian ulangi pengecatan cat primer untuk kedua kalinya, supaya lapisan cat ini benar-benar melekat dan tahan lama pada mebel Anda.

4. Setelah cat primer kering, Anda dapat memulai pengecatan dengan cat tembok warna putih. Pilihlah jenis cat lateks, ikutilah arah serat kayu mebel Anda. Jika Anda rata dan halus dalam pengecatan, biasanya hanya diperlukan satu kali cat lateks untuk sebuah mebel Anda.

5. Sebagai perlindungan tambahan, Anda dapat menambahkan cat pernis setelah cat lateks berwarna putih mengering. Hal ini akan membuat furniture Anda lebih berkilau. Pastikan semua cat tembok telah mengering pada mebel Anda sebelum diberikan cat pernis.Kelima langkah sederhana ini, tidak saja memberikan tampilan baru pada perabotan Anda, namun juga membantu Anda menghemat anggaran dana untuk membeli perabotan yang baru demi terciptanya sebuah hunian yang nyaman.

Sponsored link:

loading...

Related Posts