Tips Memilih Mainan Bayi Sesuai Dengan Usianya

Tips memilih mainan bayi ini kami sajikan khusus buat bunda sobat begitu.com yang saat ini sedang bingung memilih jenis mainan anak sesuai dengan usianya. Di usia 6 – 11 bulan perkembangan motoriknya semakin nyata. Ia sudah dapat duduk, merangkak, merambat dan mulai melangkah. Bila diberi satu benda sementara tangannya masih memegang benda lain, maka benda yang ia pegang akan dilepaskan dan ia akan meraih benda yang baru itu. Mainan bayi yang cocok untuknya adalah mainan bayi bertekstur dan berbunyi, permukaan mainan bayi tidak rata, dan yang penting non-toksik. Karena ia berada pada fase oral, ia akan memasukkan apa saja ke mulutnya untuk mengenali dunia sekitarnya.

tips memilih mainan anak-anak

(c) shutterstock.com

Jenis mainan bayi berumur 0 – 12 bulan:

Sponsored link:

Advertisement by Google

  • Boneka yang berbunyi.
  • Buku kain ‘Counting Book’ dari Fisher Price.

Tonggak perkembangan paling nyata adalah balita sudah mampu berjalan tanpa bantuan. Dia tak bosan bereksplorasi ke seluruh penjuru ruangan. Jago melangkah maju, tapi berjalan mundur tanpa berpegangan masih oleng. Si 1 tahun juga sudah dapat menarik mainan bayi atau mengangkat mainan bayi sambil berjalan. Masing-masing tangan bisa memegang benda serta mampu memindahkan benda dari satu tangan ke tangan satu lagi. Hobi barunya sekarang adalah melempar, memasukkan benda ke dalam kotak dan mengeluarkannya lagi. Maka kini ia mulai belajar menyusun balok, main dorong dan tarik benda, serta senang dengan mainan bayi yang dapat bergerak dan  berbunyi

Jenis mainan bayi berumur 1 tahun:

  • Menyusun balok.

2 TAHUN. Ini dia masa penuh enerji! Ia tak kenal lelah dan selalu sibuk. Lancar berlari, memanjat kursi, melangkah mundur tanpa ragu, melangkah ke samping dan melompat setinggi 5 cm. Sebentar lagi dia bisa berjalan berjinjit, berdiri dengan satu kaki untuk beberapa saat dan kakinya sudah mampu menendang bola. Di sisi lain, kosa katanya makin banyak dengan pengucapan yang jelas mendorongnya ikut-ikutan menyanyi. Sementara kemampuan grafomotornya mulai berkembang ditandai dengan senang mencoret-coret. Balok hasil susunannya bertambah tinggi, dan sudah bisa membolak balik halaman buku.

Jenis mainan bayi berumur 2 tahun:

  • Bola.
  • Buku audio, yang dapat mengeluarkan suara, Storybook Rhymes dari Fisher Price Storybook.

Sponsored link:

loading...

Related Posts