Tips Memberikan Makanan Padat Pertama Pada Bayi

Mengenalkan makanan padat pertama bayi : perkenalkan makanan baru secara bertahap satu persatu, hal ini karena sistem imun dan pencernaan bayi belum sepenuhnya sempurna, sehingga bisa jadi bayi sensitive terhadap makanan tertentu dan menimbulkan alergi. Beri waktu sekitar 3 sampai 5 hari untuk mengganti jenis makanan baru agar kita dapat mengetahui adanya reaksi alergi terhadap makanan (misalnya ruam, nyeri perut, muntah dan diare).

tips memberikan makanan padat pertama pada bayi

(c) shutterstock.com

Perhatikan posisi bayi : pastikan bayi berada pada posisi duduk (minimal setengah duduk atau posisi kepala harus lebih tinggi dari posisi perutnya). Jangan sampai posisi bayi terlentang karena bisa bayi bisa tersedak. Bayi bisa duduk di pangkuan ibu atau di kursi makan bayi.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Belajar menelan : Awalnya mungkin bayi akan melepehkan kembali makanan yang bunda suapkan, hal ini normal, karena bayi memiliki refleks dorong yang menyebabkan lidahnya mendorong keluar semua sesuatu yang masuk ke dalam mulutnya. Jangan khawatir, karena biasanya hal ini tidak akan berlangsung lama. Selama si bayi antusias, teruskan untuk menyuapkan makanan ke dalam mulutnya.

Porsi makan : Di kemudian hari, bunda dapat meningkatkan porsi makan serta frekuensinya secara bertahap.

Melatih keterampilan makan: Jika bayi sudah mulai bisa menggenggam, biarkan dia menggenggam sendiri sendok makan atau biskuitnya. Hal ini bertujuan untuk melatih perkembangan motorik halusnya.

Pemberian ASI : Tetap berikan ASI untuk melengkapi kebutuhan gizi dan nutrisinya.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memperkenalkan makan padat kepada bayi:

  • Ciptakan suasana makan yang santai dan menyenangkan
  • Sediakan makanan yang bervariasi baik bentuk, tekstur ataupun warnanya
  • Gunakan peralatan makan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan bayi
  • Waktu yang ideal untuk memberi makan adalah 30-60 menit menjelang waktu tidur, hal ini agar bayi kenyang dan nyenyak tidurnya
  • Berikan dalam porsi kecil dan biarkan si kecil mendapat porsi tambahan jika terlihat masih lapar
  • Hindari gula, garam dan bumbu tambahan lainnya. Setidaknya sampai bayi berusia 1 tahun

Semoga tips memberikan makanan padat pada bayi yang kami rangkum dari berbagai sumber di internet tersebut bermanfaat bagi bunda dan buah hati tercinta.

Sponsored link:

loading...

Related Posts