Tips dan Cara Menggunakan Softlens Yang Benar Untuk Pemula

Bagi anda yang ingin menggunakan softlens, mengetahui cara menggunakan softlens yang benar untuk pemula sangatlah diperlukan untuk meminimalisir bahaya yang ditimbulkan. Pada dasarnya, memakai softlens adalah suatu hal yang mudah bagi yang sudah terbiasa. Namun bagi para pemula, rasa gugup dan juga takut saat memasukkan softlens ke mata sering kali dirasakan. Hal ini merupakan hal yang wajar mengingat kita akan memasukkan benda asing ke area mata. Sehingga bisa menyebabkan mata menjadi iritasi dan lain-lain. Dengan penggunaan softlens yang benar, maka masalah tersebut bisa diminimalisir.

cara menggunakan softlens yang benar

Cara memakai softlens yang benar bisa dimulai dengan menjaga kebersihan softlens sebelum menggunakannya. Menjaga kebersihan softlens merupakan hal terpenting yang harus anda perhatikan, hal ini karena bahaya bisa saja mengancam mata anda. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini adalah cara memakai softlens yang benar untuk pemula.

Sponsored link:

Advertisement by Google

  1. Sebelum menggunakan softlens, alangkah baiknya jika anda mencuci tangan terlebih dahulu memakai sabun antiseptik yang dikhususkan untuk membersihkan tangan. Ini bertujuan untuk mematikan bakteri dan kuman yang menempel di tangan.
  2. Hal kedua yang harus anda perhatikan adalah jangan menggunakan body lotion sebelum memasang softlens. Ini dikarenakan body lotion mengandung zat-zat yang kimia yang dapat menempel pada softlens sehingga bisa menyebabkan iritasi pada mata.
  3. Pastikan juga tangan anda benar-benar kering sebelum memegang softlens.
  4. Perhatikanlah kebersihan dan juga keadaan dari softlens anda. Softlens haruslah selalu dalam keadaan terendam cairan khusus softlens. Perhatikan juga apakah softlens dalam keadaan terbalik ataupun tidak.
  5. Apabila softlens masih dalam keadaan baik, selanjutnya adalah membersihkan softles dengan menggosok kedua sisi bagian softlens dengan menggunakan cairan pembersih khusus softlens dengan sangat hati-hati.
  6. Pastikan juga softles dalam keadaan utuh, tidak robek serta tidak ada kotoran yang menempel pada softlens.
  7. Perhatikan juga kebersihan kuku tangan anda, sebaiknya potong kuku yang digunakan untuk membersihkan softlens menjadi pendek. Hal ini dikarenakan kuku panjang dapat beresiko membuat softlens menjadi tergores atau bahkan robek.
  8. Cara menggunakan softlens yang baik dan benar adalah dengan menarik kelopak mata bawah anda menggunakan jari tengah. Letakkan softlens pada jari telunjuk anda. Sedangkan bola mata anda melihat ke arah atas. Tempelkan softlens pada mata anda. jika sudah menempel, kedip-kedipkan mata agar softlens bisa bergerak menuju ke kornea mata anda dengan tepat.

Selain langkah-langkah cara menggunakan softlens yang benar di atas, anda juga harus mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memutuskan untuk menggunakan softlens pada kegiatan sehari-hari. Anda harus selalu menjaga kelembaban dan juga kebersihan softlens. Janganlah gunakan softlens saat anda, tidur karena saat tidur, mata akan lebih kering sehingga softlens sulit untuk dilepaskan. Pastikan juga anda lebih sering menggunakan tetes mata yang dikhususkan untuk pengguna softlens agar mata tidak iritasi dan kering.

Sponsored link:

loading...

Related Posts