Tips Dalam Memilih Makanan Pengganti ASI

ASI sangat bermanfaat bagi bayi, tapi ada beberapa kasus dimana ibu harus mengganti ASI dengan susu formula. Sebelum mengganti ASI dengan Susu formula ada baiknya ibu mengetahui kandungan dalam susu formula yang beredar dipasaran sebelum memberikannya kepada sang bayi.

makanan-pengganti-asi

Manfaat yang diberikan dari ASI memang tidak dapat digantikan dengan makan pengganti apapun, namun kebanyakan bayi yang diberikan susu formula tumbuh sehat . Tidak masalah Susu Formula macam apa yang dipilih , selama dapat memastikan makanan pengganti ASI yang diberikan kaya kandungan zat besi.

Zat besi dalam susu formula tidak menyebabkan sembelit, tapi jika konsumsi zat besi terlalu sedikit dapat menyebabkan anemia. Biasanya Susu Formula atau makanan pengganti ASI diberikan kepada bayi dalam wadah botol-dot untuk mempermudahnya. Keuntungan penggunaan susu formula atau makanan pengganti ASI adalah :

Sponsored link:

Advertisement by Google

  • Bisa dilakukan oleh siapa saja yang bisa memupuk ikatan orangtua dan anak, dan memungkinkan untuk anggota keluarga lain berperan aktif dalam memberikan susu.
  • Takaran yang mudah diberikan karena ada alat ukur dalam setiap botol-dot yang memungkinkan untuk mengetahui seberapa banyak bayi membutuhkan susu.
  • Dapat diberikan dimana saja termasuk di tempat umum tanpa rasa malu  atau membuat orang lain merasa tidak nyaman.
  • Memberikan susu formula membuat kembali kerja lebih mudah. Meskipun lebih banyak perempuan berusaha menemukan waktu dan ruang selama kerja untuk memompa payudara mereka, namun untuk beberapa orang hal ini sangat sulit. Dengan pemberian susu botol mungkin salah satu solusi yang bisa diberikan.
  • Formula susu sapi. Formula susu sapi adalah formula susu bayi standar. Setiap pabrik mengeluarkan lemak dalam susu sapi dan menggantikannya dengan minyak sayur, mengubah protein sehingga kandungan keju berkurang dan air zat kejunya bertambah. Mengurangi garam, menambah zat gula dan menambahkan zat besi serta vitamin-vitamin yang sesuai untuk bayi. Setelah melalui proses tersebut formula memiliki kandungan kalori, zat gula dan lemak seperti yang terkandung dalam ASI.

Ibu-ibu yang tidak bisa menyusui tidak boleh mrasa tidak cakap atau bersalah, karena ada beberapa keadan yang memang tidak dianjurkan untuk memberikan ASI. Yang terpenting jika ingin mengganti ASI dengan susu formula pilih yang kandungannya paling mirip dengan ASI dan mintalah petunjuk dokter atau para profesional ASI. Ingat! selalu konsultasi dengan dokter ya.

Sumber : Dirangkum dari beberapa sumber

Sponsored link:

loading...

Related Posts