Ternyata Cara Menghitung Masa Subur Ini Mudah Sekali

Cara menghitung masa subur ini adalah salah satu artikel kami yang paling banyak dikunjungi, bagi Anda yang saat ini juga sedang mencari topik yang sama semoga bisa membantu. Untuk dapat hamil sel telur harus dibuahi oleh sperma, dan sel telur yang tidak dibuahi akan hancur dan luruh bersama darah  atau saat  seorang wanita mendapatkan menstruasinya.

cara-menghitung-masa-subur-paling-mudah

Setiap bulan hormon dari kelenjar pituitary merangsang ovarium untuk melepaskan telur. Hal ini biasanya terjadi sekitar hari ke 14 dari siklus haid jika periode menstruasinya normal, tapi hal inipun dapat bervariasi.

Cara yang paling mudah dan murah untuk mengetahui masa subur adalah dengan sistem kalender. Cobalah untuk mencatat siklus menstruasi dalam 3 bulan terakhir berturut-turut pada hari pertama haid.JIka siklus haid 3 bulan berturut-turut adalah 28 hari maka ovulasi / pelepasan sel telur dimulai sekitar 14 hari setelah hari periode haid hari terakhir dimulai.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Misalkan siklus haid 28 hari haid berakhir tanggal 1 dan tanggal berikutnya adalah tanggal 28, maka waktu ovulasi diiperkirakan di tengah-tengah periode haid yaitu tanggal 14, jadi masa subur ada di sekitar tanggal 12 hingga 16.

Namun jika siklus haid tidak normal, jumlah hari paling pendek dikalikan 18. Ketika periode haid selanjutnya dimulai, hitung ke depan sebanyak hari tersebut.  Sedikit sulit tapi patut untuk dicoba.

Cara lain untuk mengetahui masa subur yaitu :

  • Menilai perubahan lendir leher rahim. Sebelum ovulasi akan terjadi peningkatan cairan sekresi vagina yang tidak berwarna dan licin.Cairan sekresi ini menyerupai putih telur mentah dan bila diraba dangan dua jari akan membentuk benang. Setelah ovulasi cairan akan menjadi keruh dan lengket atau menghilang seluruhnya.
  • Menilai peningkatan suhu badan. Ovulasi dapat menyebabkan kenaikan suhu secara bertahap atau bahkan lonjakan yang tiba-tiba, biasanya berkisar 0.5 dan 1.6 derajat Fahrenheit. Masa subur akan berlangsung selama 2 sampai 3 hari sebelum suhu tubuh naik dan bertahan selama 3 hari atau lebih.
  • Alat tes ovulasi merupakan strip untuk mendeteksi ovulasi yang dijual bebas diapotik atau toko obat dan digunakan untuk memeriksa urin akan keberadaan hormon LH  sebelum ovulasi. Alat inidigunakan seperti test kehamilan tetapi harganya sudah tentu lebih mahal. Untuk hasil yang akurat ikuti petunjuk label.

Dengan menetahui masa subur dapat membantu memaksimalkan usaha untuk memiliki keturuunan ataupun jika ingin menundanya.

Sumber : Internet

Sponsored link:

loading...

Related Posts