Terbaru! 12 Khasiat dan Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan Kita

Khasiat dan manfaat susu kedelai memang banyak sekali, hal ini tentunya tidak terlepas dari banyaknya kandungan vitamin yang ada didalamnya. Susu kedelai ini merupakan jenis minuman olahan yang diambil dari sari pati kacang kedelai yang memiliki kandungan gizi dan manfaat yang cukup banyak. Susu kedelai sendiri memiliki banyak kandungan gizi jika dibandingkan dengan susu sapi. Jenis susu yang rendah lemak dan tanpalaktosa ini cocok dikonsumsi oleh siapa saja yang sedang menjalani serangkaian program diet atau menjadi seorang vegetarian. Selain susu ini rendah lemak dan juga tanpa laktosa, susu kedelai juga bisa menurunkan berat badan kamu lho! karena bisa membuat rasa kenyang di perut yang lebih lama, dengan demikian maka bagi kamu yang ingin mencoba menjalani diet sehat secara alami, maka sebaiknya konsumsi susu juga kedelai ini secara teratur. Nah, untuk membahas lebih dalam tentang apa saja kandungan gizi yang ada dalam susu ini dan apa saja manfaat utamanya, silahkan kamu baca rangkuman kami dibawah ini.

manfaat susu kedelai

Sponsored link:

Advertisement by Google

Kandungan pada susu kedelai dan manfaatnya

  • Susu kedelai ini sangat kaya akan kandungan protein, dimana banyak dijelaskan bahwa, protein pada susu ini tersusun oleh asam amino, seperti fenilalanin, lesitin, treonin, arginin, isoleusin, glisin, lisin,┬átriptofan, leusin dan niasin. Protein yang ada dalam dalam susu kedelai ini baik bagi pertumbuhan, khususnya untuk tumbuh kembang anak. Selain itu juga baik dalam membantu memperbaiki dari jaringan tubuh yang rusak serta meningkatkan sistem imun dalam tubuh dan juga merupakan penyusun hormon insulin dan glikogen dalam pankreas hal ini dikarenakan susu dari kedelai ini mengandung asam amino glisin dan arginin.
  • Lemak Nabati yang ada terkandung dalam susu kedelai ini sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh.
  • Susu kedelai ini juga mengandung karbohidrat bermanfaat yang merupapak sumber energi yang banyak dibutuhkan oleh tubuh. Dan selain itu serat yang ada dalam minuman susu kedelai ini juga sangat baik dalam membantu melancarkan proses pencernaan dan membantu dalam mengatasi sembelit.
  • Manfaat susu dari kacang kedelai ini yang lainnya adalah, membantu dalam melancarkan fungsi pertumbuhan tulang dan juga penglihatan dikarenakan dalam susu ini juga mengandung vitamin A.
  • Vitamin B1 atau dikenal juga dengan tianin sangat baik dan bermanfaat dalam membantu terjadinya reaksi-reaksi yangada didalam tubuh kita guna menghasilkan energi. Sedangkan adanya kandungan vitamin B2 pada susu kedelai ini merupakan suatu pigmen yang memang umum diketahui banyak juga terdapat pada jenis susu lainnya.
  • Vitamin E yang terkandung dalam susu kedelai juga baik dalam memberikan manfaat untuk melancarkan dan memperbaiki reproduksi, baik untuk wanita mauoun juga pria, seperti halnya melancarkan menstruasi atau haid, mencegah munculnya gejala impotensi serta bisa mencegah keguguran. Kemudian, selain itu, kandungan ini juga bermanfaat guna mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung, membantu dalam meningkatkan produksi ASI dan juga berperan sebagai antioksidan yang akan membantu menangkal radikal bebas pada tubuh, sehingga nantinya tubuh kita akan terasa jauh lebih segar serta membantu mencegah penuaan dini.
  • Khasiat susu kedelai lainnya adalah terdapatnya kandungan mineral yang baik untuk membantu meningkatkan kekuatan dari gigi, tulang dan kuku serta berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh .Kemudian selain itu, mineral ini juga berfungsi baik dalam membantu pertumbuhan tulang pada anak saat akan menuju dewasa.
  • Susu kedelai ini juga mengandung polisakarida, yang juga bermanfaat dalam menekan kadar glukosa pada tubuh, sehingga bisa mengendalikan kadar gula didalam darah. Hal ini tentunya akan sangat membantu dalam mengendalikan penyakit diabetes.
  • Isoflavon yang juga terkandung dalam susu kedelai ini merupakan asam amino yang memiliki gizi dan vitamin dalam kacang kedelai yang akan membentuk flavonoid. Falvonoid ini sendiri merupakan pigmen, seperti zat hijau daun yang umumnya berbau. Zat hijau daun seperti yang kita tahu memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Secara sederhan bisa dijelaskan bahwa manfaat dari isoflavon ini yang ada terkandung dalam susu kedelai adalah membantu dalam meningkatkan metabolisme tubuh, dan merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, selain itu juga membantu mencegah sembelit, membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu mencegah resiko obesitas, membantu menguatkan gigi dan tulang, membantu mengendalikan kadar kolesterol, membantu mengendalikan tekanan darah serta membantu menghilangkan gejala penyakit maag.
  • Susu kedelai juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan kandungan asam folat yang terdapat pads susu kedelai ini baik untuk membantu perkembangan otak pad janin.
  • Kalsium yang ada didalam susu kedelai ini berfungsi untuk membantu memperkuat tulang, pertumbuhan tulang serta gigi dan mencegah terjadinya pengeroposan tulang.
  • Kandungan High Density Lipoprotein atau sering disingkat HDL dalam susu kedelai ini mampu membantu dalam mencegah terjadinya proses pengapuran dengan cara menyedot timbunan dari lemak dan kolesterol jahat yangkemudian dikirim ke lever yang dalam proses selanjutnya nanti akan dibuang melalui empedu .Oleh karena kemampuannya itulah maka adanya kandungan HDL dalam susu kedelai ini juga bisa membantu mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular, yang antara lain adalah stroke dan penyakit jantung.

Demikian artikel tentang khasiat dan manfaat susu kedelai ini kami sajikan khusus untuk pengunjung setia begitu.com. semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya di FB, supaya yang lain ikut membaca juga.

Sponsored link:

loading...

Related Posts