Selalu Perhatikan Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak

Kali ini kita akan ngebahas tentang kesehatan gigi dan mulut anak. Semoga nanti setelah membaca artikel ini Bunda yang saat ini masih sedikit kurang dalam memperhatikan hal ini bisa lebih fokus lagi menjada kesehatan mulut dan gigi si kecil. Beberapa hal yang kami sampaikan dibawah ini semoga bisa membantu.

tips-menjaga-kesehatan-gigi-dan-mulut-anak

Kasihan sekali jika melihat si kecil yang lahap makan tiba-tiba menangis memegangi pipinya karena giginya sakit. Hal seperti tadi bisa terjadi karena kita mungkin kurang memperhatikan kesehatan gigi si kecil. Menjaga kesehatan gigi dan mulut anak adalah mutlak harus dilakukan, sejak anak berusia dini.

Kebiasaan baik yang dimulai sejak kecil membuahkan hasil di kala anak sudah dewasa. Apalagi yang berkenaan dengan kesehatan gigi dan mulut. Karena begitu pentingnya kesehatan gigi dan mulut bagi anak, maka CintaBuahHati.com mengangkat topik tersebut di postingan kali ini.

Kesehatan Gigi Anak

Penyakit pada gigi yang sering dihadapi anak adalah :

a. Gigi berlubang

Gigi berlubang terjadi karena adanya kondisi penimbunan sisa makanan yang terakumulasi pada sela-sela gigi yang tidak cepat dibersihkan, kemudian bereaksi dengan bakteri pada mulut. Sehingga lama-kelamaan akan membuat gigi menjadi rapuh, rontok dan pada akhirnya membuat gigi berlubang.

b. Gigi kuning

Masalah gigi kuning pada anak berbeda dengan gigi kuning pada orang dewasa yang perokok. Gigi kuning pada anak masih bisa diatasi, karena sifat gigi anak adalah masih bisa berganti.
Namun anak yang mempunyai masalah gigi kuning masih bisa diatasi dengan rajin memberikan : strawberry, apel, brokoli, nanas, kismis dan keju. Rajin memakan salah satu dari jenis makanan tersebut membantu gigi menjadi tidak kuning secara alami.

c. Gigi ngilu

Sponsored link:

Advertisement by Google

Gigi ngilu biasa disebut juga sebagai gigi sensitif. Biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti : terlalu banyak mengkonsumsi makanan asam, mengunyah makanan asam terlalu lama, salah memilih pasta gigi, menyikat gigi setelah memakan makanan asam, sering menggertakan gigi.

Gigi ngilu dapat diatasi dengan cara, pertama, mengurangi konsumsi makanan yang asam. Kedua, menggunakan sikat gigi pas untuk gigi ngilu, yaitu pasta gigi dengan kandungan HAP atau hydroxyapatite, sodium monofluorophospate dan potassium citrate.

d. Karang Gigi atau Cariesis

Biasanya terjadi pada anak yang masih memiliki gigi susu. Meski tidak terlalu membahayakan, karena toh gigi susu akan cepat berganti menjadi gigi dewasa pada akhirnya. Tapi tetap saja memiliki karang gigi akan mengganggu penampilan si anak, karena tampilan hitam-hitam pada gigi anak, yang biasa disebut juga dengan caries.

Kesehatan Mulut Anak

Menjaga kesehatan gigi dan mulut anak memang tidak bisa dianggap remeh. Kesehatan mulut anak begitu penting dijaga. Karena anak belum paham cara yang benar menjaga kesehatan dan merawat mulut. Karena itu menanamkan kebiasaan yang baik sejak awal kepada anak dalam merawat mulut akan mendidik mereka terbiasa hidup sehat sampai dewasa.

Mulut merupakan jalan masuk utama makanan ke dalam tubuh. Karena itu mulut rentan terhadap berbagai partikel yang masuk. Mulut akan merasakan hal yang aneh atau ganjil pada makanan pertama kali, sebelum makanan sempat masuk ke dalam mulut. Sehingga mulut bisa dikatakan sebagi filtrasi pertama yang menyaring makanan.
Menjaga kesehatan mulut dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Rajin berkumur dengan air putih bersih setiap saat.
  2. Rajin berkumur dengan cairan antiseptic setelah makan.
  3. Menghindari makanan yang terlalu masam, manis ataupun pedas. Untuk menghindari bakteri mulut bereaksi sehingga bisa menimbulkan bau mulut.
  4. Membawa anak ke dokter gigi secara berkala. Akan mampu mengantisipasi bila terjadi masalah pada kesehatan mulut anak, dan juga mengontrol pertumbuhan gigi anak.

Sekalipun sulit menjaga kesehatan gigi dan mulut anak, karena sifat anak yang begitu takut terhadap dokter gigi dan juga takut untuk sakit gigi. Mengadakan pendekatan pada anak dengan memberikan penjelasan yang masuk akal akan mampu mengajak anak bekerjasama dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut si anak sendiri.

Itulah beberapa tips dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut anak. Semoga artikel tadi bermanfaat buat Anda. Jangan lupa baca artikel lainnya di blog ini ya:-). Terimakasih sudah berkunjung.

Sponsored link:

loading...

Related Posts