Resep Sambal Tomat Pedas dan Mudah Bikinnya

Sambal tomat termasuk ke dalam salah satu jenis sambal yang sering dijumpai di Indonesia. Sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai makanan pedas, maka tak heran jika di setiap makanan yang dikonsumsi pasti dilengkapi dengan yang namanya sambal. Sambal sendiri memiliki banyak jenis, ada sambal terasi, sambal ijo, sambal tempe, sambal kacang, dan sambal tomat. Namun, kali ini kita akan membahas mengenai resep sambal tomat sebagai pelengkap makanan yang mampu menggugah selera makan.

Resep Sambal Tomat Pedas

Seperti namanya, sambal tomat memang terbuat dari tomat dengan aneka bahan dan bumbu berkualitas lainnya yang bisa didapatkan dengan mudah. Sambal yang satu ini bisa disajikan bersama lalapan, ikan goreng, ayam goreng dan lain sebagainya. Sambal ini juga banyak dijumpai dan pasti Anda semua sudah mahir membuat resep sambal tomat ini. Tomat merupakan sejenis buah dan sayuran yang bisa disajikan sebagai pelengkap bahan masakan. Rasanya yang segar dengan nutrisi penting di dalamnya, membuat orang gemar mengkonsumsi buah tomat ini.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Salah satu menu makanan yang tak kalah pentingnya terbuat dari buah tomat adalah sambal tomat. Sambal ini bisa dihidangkan saat siang ataupun malam hari sebagai pelengkap menu makanan apapun. Dengan paduan rasa yang asam dari tomat dan pedas dari cabai ini membuat sambal ini sangat khas dan menyegarkan. Sambal ini biasanya ditumbuk dengan halus sehingga teksturnya lebih lembut. Selain itu rasa yang asam dan pedas membuat kombinasi cita rasa yang unik dan menggugah selera. Penasaran bagaimana resep sambal tomat yang satu ini?

Ya, bagi Anda yang ingin membuat sambal tomat, sebelumnya harus menyediakan bahan-bahan seperti 12 buah cabai rawit (atau sesuai selera), 4 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, penyedap rasa secukupnya (bila perlu), 1 siung bawang putih, 1 buah tomat merah besar, 1 buah terasi, garam secukupnya, 1 sdm gula merah dan minyak goreng secukupnya. Sebelumnya Anda cuci bersih terlebih dahulu semua bahan seperti bawang, tomat dan cabe rawit sebelum diracik.

Setelah semua bahan siap dan dibersihkan, panaskan minyak dalam wajan terlebih dahulu lalu goreng bawang putih, bawang merah, terasi, tomat, dan cabe rawit sampai setengah matang atau layu. Kemudian angkat dan tumbuk bahan-bahan tadi dengan dibubuhi garam, penyedap rasa dan gula merah secukupnya. Tumbuk semua bahan sampai halus, kemudian sajikan. Nah, sangat mudah kan mempraktekkan resep sambal tomat pedas ini?

Sponsored link:

loading...

Related Posts