Resep Sambal Goreng Kentang Tanpa Santan atau Kering Isi Ati dan Pete

Menu apa yang paling sering kita temui dalam acara-acara keluarga ? jika pertanyaan ini kami ajukan kepada Anda maka mungkin salah satu menu masakan yang terlintas di benak Anda adalah sambal goreng kentang tanpa santan dengan isi ati ampela dan pete. Benarkah? Ya ini memang khas sekali dan paling cocok untuk disajikan pada berbagai acara keluarga. Pasangan untuk menu ini sangat fleksible dan bermacam-macam, bisa dengan oseng daun pepaya, gudangan atau kalau lebaran bisa dengan opor ayam. Dipasangkan dengan apapun sebenarnya menu makanan ini sangat cocok dan bisa sesuai rasanya. Perlu Anda ketahui bahwa cara membuat sambal goreng kentang tanpa santan atau kering isi ati ampela dan pete ini tergolong sangat mudah serta praktis. Dan bahan untuk membuatnyapun sangat mudah didapatkan.

resep sambal goreng kentang tanpa santan atau kering isi ati dan pete

Jika saat ini anda sudah sangat ingin mencobanya maka kami akan sajikan disini resep sambal goreng kentang tanpa santan atau kering isi ati ampela ini tetapi karena masalah pete ini ada yang suka dan ada yang tidak maka pete bisa ditambahkan sendiri ya, dan tidak kami cantumkan dalam resep ini. Ok, silahkan nanti dicatat dan bisa langsung dipraktekkan di rumah. Jangan lupa undang beberapa sahabat untuk menilainya setelah nanti sajian menu makanan ini siap. Dari situ nanti Anda akan tahu apakah hasil masakannya sudah pas dan enak atau masih perlu beberapa penyesuaian, hal ini penting karena disitu nanti akan kita dapatkan masukan agar saat nanti Anda harus menyajikan masakan ini dalam posrsi besar untuk acara keluarga misalnya, Anda bisa menjaga kualitas rasa dan membuat semua tamu yang merasakannya senang. Sekarang silahkan Anda catat resep sambal goreng yang telah kami tuliskan dibagian bawah ini.

Satu hal yang perlu kami sampaikan sebelum Anda melanjutkan membaca adalah tentang kata “tanpa santan”. Jadi menu masakan ini dikenal dengan tanpa santan karena kering, tetapi sebetulnya masakan ini tetap menggunakan santan. Nah, mungkin memang lebih cocok jika disebut “tanpa kuah”. Jadi jangan bingung ya nanti saat membaca resep dibawah, loh koq ada santan, ya memang ada he he he.

Bahan-bahan utama untuk membuat menu sambal goreng kentang

Sponsored link:

Advertisement by Google

300 gr kentang yang telah dikupas dan dicuci bersih kemudian dipotong dadu kecil ukuran 1 cm atau sesuai selera. Siapkan juga 3 buah ati ampela ayam segar yang bisa didapatkan di pasar tradisonal. Jangan lupa juga asam jawa dan minyak goreng sesuai selera masing-masing.

Bahan-bahan lain yang masuk kategori bumbu halus

Siapkan 8 buah bawang merah, 4 siung bawang putih, 7 buah cabai merah atau sesuai selera, 1 tomat segar masak, ½ sendok teh terasi matang, 1 ½ sendok teh garam dan 1 sendok teh gula pasir

Bumbu utama untuk sambal goreng ati ampela

1 lbr daun salam, 2 lbr daun jeruk-purut yang telah dibuang tulang daunnya, 2 cm lengkuas jangan lupa di geperek, 1 batang serai yang digeprek juga, 4 cabai merah ukuran besar yang dibuang bijinya kemudian di iris tipis dan 100 ml perasan santan dan pete sesuai selera yang diiris kecil-kecilCara membuat sambal goreng kentang tanpa santan

Mulailah dengan merebus ati ampela yang telah Anda siapkans ebelumnya. Jangan sampai Anda lupa untuk menambahkan asam jawa. Tunggu sampai matang dan setelah menjadi empuk segera tiriskan dan kemudian segera dipotong kecil sesuai selera.

Ok, langkah pertama selesai, sekarang siapkan penggorengan dan gorenglah kentang yang telah Anda siapkan dengan dipotong dadu kecil tadi. Gorenglah sampai warnanya sedikit berubah tetapi jangan terlalu coklat.

Selanjutnya goreng juga ati ampela tadi yang telah Anda rebus juga potong kecil-kecil sampai sedikit kering. Tiriskan semuanya yang telah digoreng tadi.

Saatnya masuk ke acara numis-menumis, segera tumislah bumbu halus yang telah kita siapkan tadi sampai aromanya wangi dalam sedikit minyak yang telah panas.

Segera masukkan bumbu utama mulai dari daun salam, kemudian lengkuas, disusul daun jeruk dan terakhir irisan dari cabai merah. Tunggu beberapa saat sampai kelihatan melayu dan harum.

Nah, bagi yang suka pete jangan lupa juga masukkan irisan pete bersamaan dengan ati ampela sambil terus diaduk pelan-pelan.

Saatnya menuangkan santan dilangkah ke tujuh ini, ambil santan dan masukan pelan-pelan agar tidak tumpah dan tunggu sampai masak mendidih. Setelah itu baru masukkan gorengan kentang tadi dan aduk-aduk pelan merata.

Tunggulah beberapa saat sampai bumbunya benar-benar meresap barulah nanti Anda angkat dan pindahkan ke tempat yang telah Anda siapkan.

Masakan siap disajikan untuk 3 orang. Jangan lupa siapkan juga pendamping menu masakan ini sesuai selera ya. Saran kami sih cobain dengan oseng daun pepaya, sangat nikmat sekali nanti rasanya.

Itulah apa yang kami bisa sajikan tentang resep dan cara membuat sambal goreng kentang tanpa santan atau kering dengan isi ati ampela dan pete yang sangat nikmat dan selalu cocok untuk dipilih sebagai menu makanan yang khasuntuk acara keluarga termasuk saat lebaran tiba. Pasangan setianya biasanya sih opor ayam ya kalau di saat lebaran. Baik, semoga salah satu resep yang kami tuliskan ini bermanfaat buat Anda besertan keluarga dalam menyambut acara-acara khusus yang telah direncanakan. Kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya dan selamat mencoba.

Sponsored link:

loading...

Related Posts