Perhatikan 8 Hal Ini Untuk Menjaga Kesehatan Kehamilan

Melindungi kesehatan tubuh ibu hamil sesungguhnya tidak sukar. Perihal – perihal praktis yang terkadang dilupakan oleh seorang ibu hamil justru bisa jadi problem untuk kesehatan janin juga apabila diabaikan. Maka di bawah ini ada 8 langkah melindungi kesehatan ibu hamil yang saya bagikan dimulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. semoga dapat dikerjakan setiap harinya.

menjaga kesehatan kehamilan

(c) shutterstock.com

8 Langkah Menjaga Kesehatan Kehamilan

1.  Menghirup hawa yang bersih.

Jangan biarkan hidung terlampau lama menghirup polusi udara. Apabila membereskan rumah, jauhi pemakaian bahan-bahan yang mengandung zat aerosol cat, formalin, kamfer, ataupun racun serangga. Jika terpaksa, maka manfaatkanlah masker penutup hidung. Bagi ibu penderita asma, jauhilah zat2 yang menjadi pencetus asma, misalnya: bulu binatang, serbuk bunga, dbu karpet, hawa dingin, dsbnya.

2.  Kesehatan mulut

Kesehatan mulut amat mutlak untuk ibu hamil terlebih  kebersihan gusi serta gigi. Pada waktu hamil kerapkali timbul masalah pada gusi serta gigi. Sikat gigi dengan benar serta teratur  setelah makan. Sesekali berkumurlah dengan larutan air garam hangat.

Apabila gusi gampang berdarah atau bengkak pakai pasta gigi yang cocok sesuai saran dokter atau bidan. Pada ibu hamil trimester pertama terkadang ada keluhan mual – mual serta muntah. Meludah terus serta menyebabkan bau mulut ( halitosis ).  Teh bisa kurangi bau mulut yang tidak enak. Makanan untuk ibu hamil baiknya memiliki kandungan gisi yang seimbang, cukup vit. serta serat alami buah serta sayur.

Keguguran serta bayi prematur terjadi dikarenakan janin keracunan zat nikotin. Hindarilah rokok juga jauhi minuman mengandung alkohol, kafein, minuman suplemen yang diiklankan di televisi, soft drink yang memiliki kandungan suplemen tenaga, jamu – jamu atau product sejenis yang tidak terjamin kualitasnya. Bila  sangsi perihal type minuman spesifik bertanyalah pada dokter atau bidan anda tentang seberapa besar efek serta dampak pada sang janin.

3.  Melindungi kesehatan rambut serta kepala

Jaga kesehatan rambut dengan keramas  teratur. Kerjakan pijatan ringan untuk relaksasi. Janganlah dahulu mengecat rambut dikarenakan obat yang digunakan memiliki kandungan racun atau toksin. Tidak perlu kuatir dengan kerontokan rambut dikarenakan cuma berlangsung sesaat akibat pergantian hormon kehamilan.

Tidak perlu kuatir bila ada flek atau bintik coklat di wajah dikarenakan itu juga akibat pergantian hormon yang dapat hilang sesudah terjadi persalinan.

Sponsored link:

Advertisement by Google

4.  Kebersihan tangan

Ibu hamil sebaiknya melindungi kebersihan tangan juga kuku. Senantiasa bersihkan tangan setiap saat selesai lakukan pekerjaan serta sebelum saat makan. Untuk yang senang bermain dengan kucing, anjing, kelinci atau unggas, hati – hati juga dengan efek penyebaran virus toksoplasmosis melewati binatang serta unggas melewati kotoran hewan tersebut.

5.  Perhatikan daerah perut

Jauhi baju ketat. Teraturlah tidur dengan posisi miring supaya peredaran darah ibu ke janin lancar. Posisi telentang terlampau lama tidak disarankan untuk wanita hamil. Pembesaran perut ini juga punya pengaruh pada keseimbangan tubuh. Untuk itu perlu terus melindungi keseimbangan dengan posisi tubuh tegak waktu jalan supaya tidak terpeleset atau jatuh. Apabila ada benda di lantai yang dapat di ambil, ibu hamil baiknya menekuk satu lutut dengan hati hati. Sebaiknya tidak segera membungkukkan badan karena dapat terjatuh dikarenakan tubuh tidak seimbang.

6.  Kebersihan daerah vaginal

Bersihkan mrs “V” anda dengan benar. Cebok dengan air bersih dari arah depan baru kebelakang. Tak perlu memakai antiseptik pencuci vaginal dikarenakan dapat membunuh kuman baik yang ada di daerah mrs “V” anda yang dapat melawan serangan kuman penyakit yang coba masuk ke didalam rahim.

Keraplah berganti baju dan pakaian dalam anda. kenakan pakaian dalam yang berbahan dasar katun serta longgar. Upayakan agar pakaian dalam senantiasa kering juga bersih. Tidak perlu kuatir dengan keputihan dikarenakan perihal ini akibat pergantian hormonal. Apabila keputihan beralih menjadi berbau busuk, warna hijau atau kuning kental dibarengi gatal segera periksakan ke dokter pribadi anda.

7.  Latihan fisik serta olahraga

Kerjakan senam hamil supaya memperkuat oto basic panggul, menambah daya tahan tubuh, melatih pernafasan serta membuat lancar peredaran darah. Bila tidak pernah senam bisa digantikan dengan latihan jalan kaki setiap hari sepanjang tigapuluh menit. Ada sebagian situasi dimana kehamilan yang beresiko keguguran tidak diperkenankan untuk melakukan jalan kaki ini. Apalagi jika harus bed rest.

8.  Perhatikan alas kaki

Jauhi menggunakan sepatu bertumit tinggi. Ibu hamil baiknya memakai sepatu yang tidak bertumit tinggi supaya tidak berlangsung pembendungan pembuluh darah pada tempat kaki. Pada waktu tidur atau berbaring upayakan tungkai kaki senantiasa didalam posisi lebih tinggi. Apabila mesti bekerja dengan sepatu tumit tinggi hati – hati jalan jangan sampai terjatuh karena akan berakibat fatal. Sesekali baik juga merendam kaki dengan air hangat yang diberi garam. Suami dapat menolong memijat tempat kaki istri waktu hamil dengan minyak zaitun atau lotion lembut sembari duduk di kursi. Pperihal ini akan dapat menolong melancarkan peredaran darah, menghindarkan dari varises bertambah kronis, serta akan mengurangi  keluhan kram serta pegal di kaki.

Semoga langkah-langkah menjaga kesehatan kehamilan ini bermanfaat. Selamat menantikan kelahiran buah hati anda.

Sponsored link:

loading...

Related Posts