Perawatan Kenari Mabung Yang Paling Mudah

Jumpa lagi dengan kami tim usaha ternak, sudah tidak sabar kami ingin memberikan informasi lagi terkait usaha budidaya hewan ternak yang sahabat tekuni. Masih di dalam topik pembahasan kenari, kali ini kami akan memberikan tips mudah bagaimana cara menangani burung kenari yang sedang mabung/molting (rontok bulu). Pasti sahabat ternak ada yang saat ini sedang menggandrungi hobi maupun bisnis burung kenari merasa kurang nyaman dengan siklus yang satu ini.

Banyak yang menyebutkan istilah mabung ini dengan mbrodol, ngurat, dan sebagainya tetapi intinya tetap sama, setiap burung kenari baik burung kenari import maupun lokal yang normal pasti melalui siklus ini. Selama mabung, kenari memerlukan banyak energi dan vitamin, terutama protein yang dibutuhkan minimal sejumlah seperempat dari total protein yang ada dalam tubuh untuk menghasilkan bulu baru yang baik.

Dengan perawatan yang baik, proses perawatan kenari mabung kedepannya akan berdampak baik bagi kenari sendiri. Penasaran? mari kita semakin mengenal lebih dekat mengenai ciri, perawatan, makanan, dan dampak dari kenari mabung.

Ciri ciri Kenari Mabung

  1. Bulu kenari rontok (mbodol), ciri-ciri ini sangat terlihat jelas (tanda utama). Bulu-bulu pada proses mabung pertama biasanya adalah masa pergantian bulu dari bulu kecil menjadi bulu dewasa sebagai proses pendewasaan kenari. Biasanya bulu yang dikeluarkan pada saat mabung pertama akan lebih baik dari bulu kecil dengan syarat selama proses pergantian bulu asupan vitamin bisa terpenuhi dengan baik.
  2. Kenari malas bunyi, ciri-ciri ini juga muncul saat proses kenari mabung. Jika peternak kenari jeli proses mabung ini adalah momen dimana kenari me-reset suara masteringnya kembali ke suara aslinya, disini adalah kesempatan peternak untuk mencoba mastering lagi dengan suara/lagu yang lebih baik agar bunyinya bisa lebih berkualitas.

Cara Merawat Kenari Mabung

Cara perawatan kenari yang sedang mabung sebenarnya cukup mudah bila kita memahami apa saja yang harus dan tidak boleh dilakukan. Hanya ketelatenan dari peternak yang sangat dibutuhkan dalam perawatan kenari yang ganti bulu. Perawatan kenari harian yang terstruktur sangat diperlukan untuk melalui masa mabung kenari dengan sukses. Langkah dan struktur perawatan dan penyembuhan yang dapat ditempuh antara lain:

Sponsored link:

Advertisement by Google

  1. Pindahkan kenari yang sedang molting/mabung ke tempat yang lebih sepi dari keramaian atau lalu lalang orang dan binatang liar seperti kucing, anjing, atau binatang lain yang biasa mengancam ketenangan burung kenari. Dan penggunaan kerodong sangat dianjurkan dan kalau bisa lebih sering dikerodong sehingga suhu di dalam kurungan lebih stabil dan kenari bisa fokus menyelesaikan proses mabungnya.
  2. Selama perawatan porsi makan kenari yang mabung harus ditambah, karena proses mabung sendiri memerlukan banyak sekali energi dan nutrisi. Semakin baik nutrisi yang didapat, pengaruh pada kenari setelah mabung semakin baik baik dari bulunya, fisik, maupun suaranya. Sangat dianjurkan menambahkan vitamin melalui buah dan sayuran segar. Atau dapat menggunakan multivitamin yang dicampurkan di dalam air minum atau pakannya.
  3. Jangan mandikan kenari yang mabung setiap hari, cukup seminggu sekali atau dua minggu sekali sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk menjemur kenari setiap pagi hari selama 30 menit, ingat jangan terlalu lama menjemur karena kenari juga membutuhkan kondisi sangkar yang lembab untuk proses mabung yang maksimal. Untuk menambah kelembaban bisa dilakukan penyemprotan pada sangkar tetapi jangan sampe terlalu basah karena bisa menyebabkan jamur.
  4. Jangan lupa berdoa agar proses mabungnya segera selesai dan tetap melatih suara kenari. Karena pada tahap molting kenari me-reset suaranya, sehingga kita perlu menginstall lagi dengan media bantu mp3, kaset, atau burung khusus mastering.

Hal-hal yang Mempengaruhi Kenari Mabung

  1. Umur burung sangat berpengaruh pada proses mabung, semakin tua proses mabung kenari semakin cepat karena kenari sudah adaptasi (berpengalaman) untuk mabung. Mabung sendiri bisa juga digunakan sebagai acuan kalau si kenari sudah mulai beranjak dewasa dan lebih siap kawin.
  2. Mabung juga bisa disebabkan faktor musiman, ada kalanya proses mabung itu terjadi serempak pada beberapa kenari. Seperti halnya wabah, bukan tidak mungkin proses mabung kenari terjadi bersama-sama sehingga para peternak harus selalu siap menghadapi wabah ini.
  3. Faktor alam juga mempengaruhi proses mabung pada burung, biasanya faktor cuaca dan suhu lingkungan juga ikut andil dalam proses ganti kulit burung kenari.
  4. Kenari mabung juga terjadi karena faktor hormon (birahi) yang mulai tidak stabil yang terjadi dalam siklus perkembangbiakan. Saat mabung atau mbrodoli burung kenari bisa saja dipengaruhi oleh hasrat kenari yang ingin kawin atau siap berkembang biak. kenari.

Pakan Khusus Kenari Mabung

Anjuran pakan kenari mabung memang cukup variatif, asalkan bisa melengkapi kebutuhan energi, vitamin, dan mineral kami pikir sudah cukup untuk sukses mabung. Pakan anjuran yang bersifat wajib bisa menggunakan biji kecambah, telur rebus, atau tulang sotong. Untuk penggunaan pakan gunakan pakan sehari-hari hanya saja selipkan sedikit demi sedikit nutrisi ekstra bisa melalui buah dan sayuran segar, atau multivitamin yang dicampur di pakan atau air minum kenari.

Lama Waktu Kenari Mabung

Waktu rata-rata proses kenari mabung antara 4 minggu sampai dengan 7 minggu, jika kurang dari itu atau lebih dari itu maka bisa dikhawatirkan proses mabung kenari tidak tuntas, atau malah proses mabung terus menerus. Faktor seperti karakter bawaan burung kenari juga cukup berpengaruh pada lama tidaknya proses mabung. Maka dari itu untuk menghindari hal tersebut usahakan selalu cukupi kebutuhan nutrisi kenari agar terjadi proses mabung yang ideal.

Dampak Kenari Mabung

Bukanlah penyesalan yang akan didapatkan jika proses mabung selesai dilalui, para peternak saatnya memetik hasil kerja kerasnya. Burung kenari akan nampak lebih fit dan lebih segar karena bulu yang dihasilkan lebih baik dari sebelumnya. Belum lagi, para peternak bisa menikmati hasil latihan mastering selama proses mabung. Tentunya kenari akan lebih siap untuk dikembangbiakkan atau mungkin siap jadi kenari bahan untuk dikonteskan. Pasti ada hikmah dibalik kerja keras dan berdoa.

Sumber : kicauburungs.com

Sponsored link:

loading...

Related Posts