Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kaki Gatal

Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kaki Gatal kami sajikan melalui artikel berikut ini, sebelumnya kami mohon maaf jika mungkin pembahasan dan pemilihan judul kamis edikit membingungkan bagi teman-teman, hal ini terjadi karena untuk permasalahan seputar kulit kaki ini sangat kompleks sekali dan kombinasinya sangat banyak sekali, semoga tetap bisa membantu.

Penyebab Kulit Kaki Gatal

Kulit kaki gatal biasanya disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan tubuh. Selain itu, faktor cuaca yang tak menentu membuat kulit mudah gatal. Dengan rasa gatal pada kaki, Anda tidak dapat menjalankan aktivitas secara maksimal. Adapun penyebab kulit kaki gatal ini yaitu:

Jamur

Penyebab utama telapak kaki sering merasa gatal biasanya disebabkan oleh jamur. Athlete’s foot yang merupakan infeksi jamur kronis ini disebabkan oleh jamur yang berjenis trichophyton rubrum. Jamur ini biasa tumbuh di area yang lembab dan gelap. Jamur ini menyebabkan gata dan nyeri yang sangat menggangu. Biasanya jamur ini muncul di telapak kaki yang mengalami pecah-pecah.

Bakteri

Jamur yang tidak diatasi dengan cepat dapat menyebabkan infeksi bakteri. Bakteri dapat masuk dengan mudah karena kita sering menggaruk pada area yang gatal. Dengan menggaruk bagian tersebut, kulit akan terluka dan bakteri akan mudah masuk.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Eksim

Eksim biasanya menginfeksi telapak kaki. Hal ini dapat menyebabkan kulit kaki gatal yang luar biasa. Jenis eksim yang sering menyerang telapak kaki adalah eksim atopic. Eksim ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kemerahan. Jika semakin parah, eksim ini akan menimbulkan peradangan dan rasa gatal.

Cara Mengatasi Kulit Kaki Gatal

Cara terbaik untuk menjaga kulit kaki gatal agar terhindar dari jamur dan bakteri yaitu dengan menjaga kebersihan kaki. Biasakanlah membasuh atau membersihkan kaki dengan menggunakan sabun. Dengan begitu, kuman dan bakteri tidak mudah bersarang di kulit kaki kita.

Selain itu, usahakanlah untuk selalu menjaga kelembaban kulit kaki. Kulit kaki yang kering akan terhindar dari hinggapan jamur dan bakteri. Usaplah kaki dengan menggunakan handuk lembut setelah mandi atau sehabis membasuh kaki. Taburkan bedak anti gatal untuk menghindari gatal dari jamur. Dengan menaburkan bedak, kaki akan terjaga kekeringannya.

Jika ingin mengurangi rasa gatal pada telapak kaki atau kulit kaki gatal, gunakanlah lotion atau bedak pengurang rasa gatal. Nah informasi tentang penyebab dan cara mengatasi kulit kaki gatal ini lengkap dan mudah bukan?

Sponsored link:

loading...

Related Posts