Penyebab Dan Cara Mengatasi Keringat Berlebih Secara Alami

Mengatasi keringat berlebih coba Bunda sajikan buat teman-teman semua melalui artikel ini. Keringat yang berlebih kadang mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi jika keringat tersebut ujung-ujungnya menyebabkan bau badan. Tentu setiap orang tidak menginginkan hal tersebut terjadi. Keringat berlebih dalam istilah medis sering disebut dengan hiperhidrosis. Hiperhidrosis biasanya terjadi di ketiak, tangan, dan kaki.

cara alami mengatasi keringat berlebih

(c) shutterstock

Penyebab keringat yang berlebih itu antara lain :

  • Kelenjar tiroid yang terlalu aktif sehingga menyebabkan produksi keringat meningkat.
  • Kecemasan dan stres. Stres ternyata mampu memicu produksi keringat di kulit meningkat.
  • Diabetes dan penyakit gondok juga dapat memicu produksi keringat yang berlebih.
  • Menopause yang terjadi pada seseorang, khususnya jika terjadi gejala yang disebut hot flashes yang salah satunya bisa menyebabkan keringat berlebih.
  • Cuaca yang panas seringkali membuat badan berkeringat dalam jumlah yang banyak.

Berbagai cara untuk mengatasi keringat berlebih yaitu :

  • Terapi untuk hyperhidrosis. Cara mengatasi keringat berlebih ini bertujuan untuk mengurangi produksi keringat yang berlebih. Cara-cara yang ditempuh antara lain pemberian obat antikolinergik, pemberian anti perspiran, suntikan botulinum toksin dan lontophoresis. Lontophoresis yaitu alat yang digunakan untuk memblokir keringat sementara. Kerja dari alat bertenaga baterai ini adalah tubuh pasien direndam di dalam air, kemudian diberikan arus listrik tingkat rendah untuk tangan, kaki, atau ketiak. Kemudian pembedah, yaitu memotong saraf simpatis yang menyebabkan keringat berlebih.
  • Menghindari makanan pedas. Selain melakukan pengobatan dari dokter, Anda juga harus mencegahnya sendiri dengan tidak makan-makanan yang pedas, minum minuman berenergi, dan hindari lah minum kopi.
  • Jaga berat badan. Seseorang yang memiliki berat badan di atas normal atau obesitas sebaiknya giat menurunkan berat badan. Karena produksi keringat berlebih lebih banyak terjadi pada orang yang obesitas dibandingkan dengan seseorang yang memiliki berat badan normal.
  • Untuk mengatasi masalah keringat berlebih, sebaiknya gunakan pakaian yang terbuat dari katun. Ini karena dapat menyerap keringat dengan baik. Dan jangan gunakan pakaian yang ketat serta tidak nyaman.
  • Ganti sepatu dan kaos kaki. Menggunakan kaos kaki yang sama untuk beberapa hari dapat menimbulkan bau kaki dan keringat berlebih. Oleh sebab itu, sebaiknya ganti lah kaos kaki Anda setiap hari untuk menghindari bau pada kaki. Kaos kaki yang tebal juga dapat mempersempit ruang pada kaki saat mengenakan sepatu. Untuk pencegahan sebaiknya jangan menggunakan kaos kaki atau sepatu, untuk alternatif sebaiknya Anda mengenakan sendal. Jika Anda terpaksa harus mengenakan kaos kaki, gunakan yang berbahan wol atau katun. Untuk sepatu gunakanlah yang ukurannya pas dan terbuat dari kulit. Penggunaan sepatu yang berbahan serat sintetis dapat menimbulkan bakteri dan keringat berlebih yang memicu bau kaki.
  • Cara lain untuk mengatasi keringat berlebih yaitu konsumsi makanan yang bergizi. Ini agar produksi keringat dapat normal kembali. Makanan bergizi dapat diperoleh dengan mudah karena makanan bergizi tersebut salah satunya adalah sayuran dan buah-buahan.

Sponsored link:

loading...

Related Posts