Penyebab Dan Cara Mengatasi Bibir Hitam Dengan Bahan Alami

Masalah bibir hitam sebenarnya bukanlah masalah yang serius. Namun akan sangat mengganggu dan menimbulkan rasa kurang percaya diri bagi sebagian orang. Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi bibir hitam, ada baiknya jika anda mengetahui penyebabnya. Penyebab bibir yang hitam antara lain sebagai berikut:

cara mengatasi bibir hitam

Kebiasaan merokok

Proses menghitamnya pada bibir akibat merokok memang tidak terjadi secara langsung. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu bibir yang tadinya terlihat merah dan segar, lama-lama menjadi ungu kehitaman. Hal ini terjadi karena pada saat di hisap, panas rokok mengenai bibir sehingga sel-sel darah merah yang mati tadi akan memproduksi pigmen, yang kemudian tertimbun di bibir. Selain itu hasil pembakaran pada ujung rokok akan menimbulkan karbon, yang dapat menambah pekat warna bibir.

Perubahan hormon

Keindahan bibir dipengaruhi oleh hormon estrogen, yaitu hormon yang dapat membantu proses perbaikan dan pergantian sel kulit. Semakin bertambahnya usia, kadar estrogen menurun. Sehingga proses regenerasi melemah bahkan lama-kelamaan berhenti sama sekali. Pada saat itulah bibir tampak kering dan hitam.

Bahan kimia

Sponsored link:

Advertisement by Google

Bahan kimia yang menjadi penyebab bibir hitam yaitu seperti penggunaan kosmetik yang tidak cocok. Bahan yang tidak cocok yang terkandung dalam lipstik jika digunakan dalam waktu yang lama dapat membuat bibir menghitam.

Sebenarnya bagi anda yang mempunyai bibir hitam tidaklah perlu khawatir, karena sekarang ini banyak sekali cara mengatasi bibir hitam yang bisa dilakukan. Berikut diantaranya :

  • Cara mengatasi bibir hitam bisa dilakukan dengan menggunakan gel, salep atau krim.
  • Penggunaan lipstik yang tidak cocok juga dapat mengakibatkan bibir menjadi hitam. Untuk itu, cara mengatasi bibir hitam adalah dengan selalu membersihkan bibir setelah memakai lipstik menggunakan pembersih khusus untuk bibir. Ini karena sisa lipstik yang menempel pada bibir bisa mengakibatkan bibir menghitam.
  • Untuk menghindari dermatitis kontak, sebelum menggunakan lipstik yang baru dibeli, Anda coba terlebih dahulu dengan menggunakannya pada kulit di belakang telinga. Kemudian diamkan selama 24 jam. Apabila terasa gatal dan perih, berarti Anda tidak cocok menggunakan lipstik tersebut.
  • Jangan sering menjilat bibir karena dapat membuat bibir menjadi kering.
  • Gunakan pelembab bibir yang mengandung tabir surya untuk siang hari, dan oleskan pelembab bibir tanpa warna sebelum tidur malam.
  • Cara mengatasi bibir hitam juga bisa dilakukan dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang banyak mengandung vitamin untuk kesehatan kulit.
  • Menggunakan ubi bit merah. Caranya potong satu ubi bit dan simpan di lemari es. Ambil dan pijatkan ke bibir secara perlahan-lahan.
  • Minyak almond yang digunakan pada bibir sebelum tidur, dapat mengurangi garis-garis halus dan dapat mencerahkan warna bibir.
  • Sari ketimun ternyata juga bisa digunakan untuk mencerahkan warna bibir.

Demikianlah beberapa cara mengatasi bibir hitam yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat.

Sponsored link:

loading...

Related Posts