Pengertian Wisata Kuliner Secara Lengkap buat Kamu yang Belum Tau

Banyak orang menyebut wisata kuliner lezat, wisata kuliner enak, wisata kuliner mantap dan lain sebagainya. Tapi bagi sebagian orang justru masih bingung, apa itu wisata kuliner. Pengertian wisata kuliner bisa diartikan simple seperti ini: jalan-jalan ke tempat dimana kita bisa menikmati makanan di tempat tersebut. Untuk arti secara harfiahnya wisata adalah bepergian bersama-sama untuk memperluas pengetahuan, wawasan, dll (KBBI Edisi 2003). Sedangkan Kuliner berarti masakan atau makanan (KBBI Edisi 2003). Jadi bisa disimpulkan bahwa secara ‘resmi’ wisata kuliner adalah bepergian bersama-sama untuk memperluas wawasan mengenai makanan.

Pengertian wisata kuliner

Pengertian wisata kuliner

Berwisata memang merupakan kegiatan yang mengasyikan. Banyak orang yang menyukai wisata, termasuk juga wisata kuliner. Bagi kamu yang suka jalan-jalan, bisa dipastikan juga menyukai kuliner. Di Indonesia sendiri terdapat ratusan kuliner lezat. Dari 33 provinsi yang ada, hampir di setiap daerah mempunyai kuliner khasnya sendiri. Bahkan biasanya para pecinta kuliner rela untuk melancong ke luar negeri hanya sekadar untuk menikmati kuliner khas di sana. Nah, jika kamu sudah tau pengertiannya, sekarang saatnya menyusun rencana untuk melakukannya. Yang perlu dipersiapkan sebelum memulai wisata kuliner ada 3 pokok, yaitu; menentukan lokasi, mencari informasi dan tentu saja menyiapkan budget.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Menentukan Lokasi Wisata Kuliner

Untuk lokasi, kamu tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri karena di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali tempat wisata kuliner yang yahud. Anda bisa mengunjungi tempat yang anda belum pernah kunjungi sebelumnya. Mencari lokasi wisata kuliner juga hendaknya bijak. Pilihlah suatu daerah yang memiliki makanan khas yang hanya terdapat di daerah tersebut. Misalnya, jangan kamu pergi ke Padang untuk menikmati sate padang karena makanan itu sudah ada di daerah selain Padang. Untuk mencari lokasi, kamu juga bisa meggunakan media social seperti Twitter dan Instagram dan follow akun yang member informasi tentang kuliner.

Mencari Informasi

Setelah menemukan lokasi, selanjutnya kamu perlu mencari informasi tentang daerah tersebut. Cari tahulah makanan apa saja yang menjadi favorit dan khas di sana, terbuat dari apa masakan itu, dan bagaimana cara memasaknya, itu pun perlu. Jangan sampai ketika sudah sampai lokasi kamu tidak jadi makan karena menu yang disediakan tidak sesuai selera kamu. Dalam mencari informasi kamu juga perlu mengetahui alamat persis dan harga menu yang ditawarkan. Jika sudah mendapatkan semua informasi, kamu baru bisa berangkat untuk berwisata kuliner.

Menyiapkan Budget

Tidak kalah penting yang harus disiapkan adalah uang atau budget. Bagaimana bisa kamu makan kalau tak punya uang? Setelah kamu mendapat informasi mengenai harga makanan yang akan kamu tuju dari internet, maka kamu tinggal menyiapkan dananya. Sebagai saran, sediakanlah budget yang lebih besar dari hitungan kamu sebelumnya. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal mengejutkan andai terjadi. Kamu pun harus menyesuaikan budget dengan pendapatan kamu per bulan. Jangan sampai karena wisata kuliner uang kamu habis tidak bersisa sehingga kamu harus berpuasa sampai bulan berikutnya.

Beberapa tips dan pengertian wisata kuliner sudah diulas. Kamu tak perlu pengertian wisata kuliner menurut para ahli sebenarnya, karena itu bukanlah karya tulis ataupun thesis.

Sponsored link:

loading...

Related Posts