Pelajari Cara Mencegah Penyakit Ginjal Secara Alami Berikut Ini

Ginjal adalah organ di dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk menyaring kotoran dari darah, yang kemudian di buang dalam bentuk air seni atau urine. Ginjal dapat terserang penyakit jika tidak dirawat dengan baik, dan tidak menjalankan fungsinya dengan normal. Salah satu penyakit ginjal adalah gagal ginjal. Gagal ginjal biasanya dapat disembuhkan dengan cuci darah dan obat. Semua orang tentunya tidak ingin terkena penyakit pada ginjal, untuk itu mencegah lebih baik daripada mengobati. Berikut adalah cara mencegah penyakit ginjal :

Cara Mudah Mencegah Penyakit Ginjal Secara Alami

Salah satu penyebab penyakit ginjal adalah karena komplikasi diabetes.

Diabetes mengharuskan ginjal bekerja lebih keras untuk mengeluarkan kelebihan gula dalam darah. Karena hal tersebut terjadi secara terus menerus, maka akan menyebabkan kerusakan ginjal yang disebut dengan gagal ginjal. Cara mencegah penyakit ginjal, berarti anda harus mencegah penyakit diabetes terlebih dahulu.

Cara mencegah penyakit diabetes yaitu dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula berlebih. Batasi konsumsi makanan yang banyak mengandung gula. Hindari juga makanan yang berlemak dan mengandung kolesterol seperti junk food, gorengan, dan makanan bersantan. Dengan demikian kita akan terhindar dari diabetes yang dapat mengakibatkan gagal ginjal.

Diet sehat

Berat badan yang berlebih akan memicu seseorang terkena diabetes. Untuk itu turunkan berat badan dengan diet yang aman dan sehat. Diet yang aman bukan berarti tidak makan, melainkan Anda masih bisa makan hanya saja porsinya dikurangi dari biasanya. Dan makanan yang dimakan pun harus tetap diperhatikan kandungan gizinya.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Banyak konsumsi sayuran dan buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan adalah makanan yang dapat menjauhkan kita dari penyakit ginjal. Sayuran dan buah-buahan mengandung banyak vitamin serta mineral yang sangat baik untuk menjaga metabolisme dalam tubuh.

Minum air putih yang banyak

Minum air putih yang banyak minimal 8 gelas sehari dapat mengeluarkan kotoran dan racun yang ada di dalam ginjal. Air putih juga dapat membantu ginjal untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Selain air putih, minum jus merupakan cara mencegah penyakit ginjal yang sangat baik.

Olahraga

Dengan olahraga akan membakar kalori dan lemak yang menumpuk di badan. Dengan begitu anda akan terhindar dari diabetes yang memicu penyakit ginjal.

Jangan tunda buang air kecil

Saat Anda sudah berasa ingin buang air kecil, sebaiknya Anda langsung buang air kecil. Karena menunda buang air kecil yang terjadi terus menerus akan membuat kandung kemih bekerja lebih keras, sehingga akan menyebabkan kerusakan dan terjadi penyakit ginjal.

Berhenti lah merokok

Kandungan nikotin pada rokok jika lama kelamaan akan terus mengendap dalam tubuh terutama ginjal, yang kemudian akan menyebabkan gangguan ginjal yang berakibat pada penyakit ginjal.

Checkup ke dokter.

Cara mencegah penyakit ginjal yang berikutnya adalah dengan rutin melakukan checkup beberapa bulan sekali untuk mengecek kesehatan tubuh dan organ dalam.

Semoga informasi cara mencegah penyakit ginjal secara alami di atas bisa bermanfaat. Jika teman-teman peduli, silahkan bagikan informasi ini kepada sahabat atau keluarga kita melalui jejaring sosial atau email, mari kita saling peduli, saling mendukung dan saling mengingatkan.

Sponsored link:

loading...

Related Posts