Nikmati Wisata Kuliner Manado ini ketika Kamu Pergi ke Sana

Manado adalah salah satu Kota di pulau Sulawesi yang memiliki daya tarik tersendiri. Selain menyimpan banyak sekali sejarah yang bisa juga menjadi tempat wisata, Kota Manado juga terkenal akan kelezatan kulinernya. Jika kamu berkunjung ke Manado untuk berlibur, tak ada salahnya untuk mencoba wisata kuliner Manado. Masakan khas Manado sebenarnya tak jauh beda dengan ciri makanan dari Sulawesi lainnya, yaitu pedas dan asam.

Mungkin jika orang luar Sulawesi dan menikmati hidangan khas Sulawesi, pertama kali akan merasa aneh. Namun lama kelamaan dijamin kamu bakal ketagihan. Berikut makanan enak khas Manado yang tak boleh kamu lewatkan begitu saja ketika travelling ke sana:

Ikan Woku Belanga

Ikan Woku Belanga

Ikan Woku Belanga

Ikan Woku adalah salah satu makanan khas dari Manado. Cara masaknya cukup unik yaitu dimasukkan ke dalam wadah yang terbuat dari tanah liat. Untuk bumbunya menggunakan daun bawang, daun kemangi, daun jeruk, cabe rawit, sereh, dan aneka rempah lainnya. Ikan Woku ini disajikan dengan santan berwarna kuning kemerahan yang terlihat gurih dan segar. Menikmati ikan Woku Belangan sangat cocok untuk makan siang untuk dipasangkan dengan nasi putih hangat.

Nasi Jaha

Nasi Jaha

Nasi Jaha

Nasi Jaha (bukan jahat) adalah wisata kuliner khas Manado yang lainnya. Sebenarnya ini adalah nasi ketan yang dimasak dengan cara yang cukup unik, yaitu menggunakan Bambu. Beras ketan dimasukkan ke dalam bamboo ditambah dengan air dan bumbu lalu dibakar. Nasi sudah matang jika bamboo bagian luar sudah gosong dan aroma harum sudah tercium. Aroma khas nasi ketan bercampur dengan mambu yang dibakar membuat siapa saja pasti meneteskan air liurnya. Makanan khas Manado ini tersedia di hampir seluruh restoran yang ada di Manado.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Nasi Jaha

Nasi Jaha

Sambal Dabu-dabu

Jika lazimnya sambel itu diulek, maka sambel yang satu ini berbeda. Ya, sambel dari Manado ini tidak diulek cara membutanya melainkan diiris. Potongan cabe, tomat, dan bawang merah di iris tipis lalu disiram dengan perasan jeruk nipis. Ditambah dengan sediki minyak goreng jadilah Sambal Dabu-dabu. Sambal ini cocok untuk berbagai jenis makanan seperti ikan bakar. Bahkan hanya dipasangkan dengan nasi putih dan ayam goreng pun sudah enak. Sambal ini biasa tersedia di restoran-restoran yang ada di Manado.

Paniki

Paniki

Paniki

Jika kamu penyuka kuliner ekstrim, Paniki ini mungkin cocok buat kamu. Ya, paniki adalah nama lain dari orang Manado untuk menyebut kelelawar besar yang hidup di daerah sana. Paniki disajikan dengan kuah santan yang sudah dicampur dengan rempah khas Indonesia timur sehingga menghasilkan aroma yang khas. Sebelum dicampur dengan santan, Paniki terlebih dahuu direbus sehingga dagingnya empuk. Rata-rata harga paniki perporsinya adalah 25 ribu rupiah.

Tuturaga

Tuturaga

Tuturaga

Tuturaga adalah makanan yang berbahan dasar kura-kura. Dulu makanan khas Manado ini sangat mudah dijumpai. Namun sekarang karena ada aturan untuk melindungi spesies kura-kura, makanan ini menjadi sangat langka. Bahkan orang sudah mulai mengganti daging kura-kura dengan daging sapi, daging ayam, atapun daging kambing.

Sponsored link:

loading...