Nasihat Para Ahli Untuk Mengurangi Resiko Kanker Payudara

Bulan Oktober dijadikan sebagai bulan Kesadaran Kanker Payudara atau Breast Canser Awarenes bagi para penderita dan aktivis kanker payudara. Untuk itu para ahli kanker payudara memberikan nasihat dan kunci untuk mengurangi dan mencegah resiko terkena penyakit kanker payudara, terutama bagi para kaum hawa. Berikut ini nasehat para ahli untuk mengurangi resiko kanker payudara yang perlu anda perhatikan agar anda terhindar dari resiko ini.

nasehat para ahli untuk mengurangi resiko kanker payudara

(c) shutterstock.com

1. Periksa Payudara Sendiri Secara Teratur

Menurut Prof Carlo Palmieri seorang ahli kanker payudara yang terkenal dari Clatterbridge CancerCentre,Inggris, menuturkan bahwa tahap awal deteksi kanker payudara adalah dengan rutin memeriksa payudara sendiri secara teratur. Pemeriksaan bisa dilakukan setelah selesai masa menstruasi karena pada masa ini payudara rentan untuk sakit dan menjadi bengkak. Periksa apakah ada benjolan, ada perubahan pada puting dan kulit payudara mengerut.

Mengenai pemeriksaan payudara sendir, Dr Palmar Vani menyarankan sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter ahli. Dokter akan membantu dan menjelaskan cara yang tepat memeriksa payudara sendiri.

2. Hindari Makanan atau Minuman Dalam Kaleng

Sponsored link:

Advertisement by Google

Wadah makanan atau minuman yang terbuat dari kaleng dan plastik atau kantong plastik biasanya mengandung bahan kimia yang bernama bhispenol A. Oleh para ahli, bahan kimia ini bekerja sebagai xenoesterogen yaitu zat yang bekerja seperti hormon esterogen yang berbahaya bagi tubuh karena bisa meningkatkan resiko kanker payudara. Hindari juga menyimpan makanan dalam microwave dengan menggunakan wadah yang terbuat dari plastik atau minum dengan gelas yang berbahan kaca atau stenlees steel yang mengandung lapisan plastik.

3. Hentikan Minum Minuman yang Mengandung Alkohol

Minum minuman yang mengandung alkohol akan meningkatkan resiko penyakit kanker payudara. Hasil studi yang dilakukan oleh University of Victoria Centre of Addiction Reseach of BC menemukan bahwa minum satu atau dua  gelas per hari minuman yang mengandung alkohol bisa meningkatkan resiko kanker payudara.

4. Usia di Atas 30 Tahun Hindari Penggunaan Pil Kontrasepsi

Prof Gareth Evans dari Genesis Breast Cancer Prevention, Igris merekomendasikan untuk para wanita dalam pertengahan usia 30 tahun yang menggunakan pil kontrasepsi  untuk mengganti dengan alat kontrasepsi alternatif yang lain. Hormon Replacement Therapy yang ada dalam pil kontrasepsi bisa sedikit meningkatkan resiko serangan kanker payudara pada wanita.

5. Latihan Fisik

Melakukan latihan fisik selama 30 menit setiap hari mampu menghindarkan anda dari resiko penyakit kanker payudarahingga 20 persen. Jika anda memiliki berat badan yang labih, tambahkan latihan fisik anda lbih dari 30 menit. Karena berat badan atau kegemukan bisa meningkatkan resiko kanker payudara. Terutama jika lemak banyak menumpuk di wilayah pinggang yang berada di tengah tengah antara tulang rusuk dan pinggul.

Untuk latihan fisik, anda bisa melakukan aktifitas apa saja di rumah anda yang bisa membuat napas anda lebih hangat, jantung berdetak lebih cepat dan membuat anda mengeluarkan keringat.

Itulah nasehat para ahli untuk mengurangi resiko kanker payudara  yang bisa kami bagikan kepada anda semua. Semoga nasihat-nasihat tadi bisa bermanfaat bagi anda para wanita untuk mengihindari resiko kenker payudara yang sangat berbahaya.

Sponsored link:

loading...

Related Posts