Merawat Tubuh Yang Berkulit Kering Dan Sensitif

Merawat tubuh yang memiliki kulit kering dan sensitif memang perlu perhatian khusus. Kulit kering dan sensitive seringkali tidak begitu cocok dengan produk perawatan yang dijual di pasaran. Banyak orang yang mengeluhkan kulit tubuhnya perih, merah dan mengelupas setelah menggunakan produk tertentu yang diklaim dapat melembabkan kulit dengan sempurna. Pemilik kulit kering memang harus sangat berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulitnya. Produk perawatan tersebut sebaiknya mengandung bahan-bahan alami seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Akan lebih baik lagi apabila menggunakan minyak-minyak alami tersebut secara murni.

kulit kering dan sensitif

Kulit tubuh yang kering dan sensitive memang disebabkan oleh berbagai faktor, seperti udara yang terlalu dingin baik karena cuaca ataupun AC atau penggunaan produk pembersih seperti sabun mandi yang mengandung alkali. Kurang minum air putih, kurang makan sayuran dan buah, terlalu sering mandi dengan air yang terlalu panas, terlalu lama berada di bawah sinar matahari tanpa tabir surya juga bisa menjadi faktor pemicunya. Oleh karena itu, sebaiknya teman-teman mengetahui terlebih dahulu apa faktor yang membuat kulit kita menjadi kering sebelum melakukan perawatan kulit tubuh yang kering dan sensitive.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Umumnya kulit tubuh menjadi sangat kering karena kita tidak cukup mengkonsumsi cairan. Tubuh kita sangat memerlukan cairan agar sel-sel dapat beregenerasi dan metabolisme tubuh bekerja dengan baik. Oleh karena itu, bila kulit teman-teman terasa sangat kering, mulailah perawatan dengan minum banyak air putih. Tubuh membutuhkan sedikitnya 2 liter air setiap harinya. Selain mengatasi masalah kekeringan, air putih juga berfungsi menetralisir segala macam racun yang menumpuk di dalam tubuh. Orang yang rutin minum air putih 2 liter sehari, kulitnya akan terlihat lebih lembab, cerah, halus, tidak kering apalagi kusam.

Seperti telah dijelaskan di atas, untuk merawat kulit tubuh yang kering dan sensitif sebaiknya menggunakan bahan-bahan alami karena produk perawatan yang dijual biasanya justru menimbulkan reaksi yang tidak menyenangkan. Bahan alami yang umumnya digunakan untuk merawat tubuh yang berkulit kering adalah minyak zaitun, minyak kelapa (Virgin Coconut Oil VCO) dan juga madu. Minyak zaitun dan VCO bisa dioleskan ke seluruh tubuh terutama bagian-bagian yang sangat kering. Lakukan hal tersebut minimal sekali sehari sebelum mandi.

Madu digunakan untuk mengatasi bibir pecah-pecah serta kulit tubuh yang kasar misalnya bagian siku dan lutut. Madu memang dikenal dapat mengembalikan kelembapan kulit kering dengan aman dan alami. Usahakan banyak makan buah dan sayur untuk menjaga kulit tubuh dari kekeringan. Selain itu usahakan agar tidak terlalu lama di dalam ruangan ber-AC. Jika harus berada di ruangan ber-AC selalu gunakan pelembab tubuh atau body lotion agar kulit tidak menjadi semakin kering dan kasar. Demikian artikel kulit kering dan sensitif ini kami sajikan.

Sponsored link:

loading...

Related Posts