Menjawab Pertanyaan Tentang Tips Mencegah Bayi Kolik

Dokter, saya akan melahirkan dalam waktu dekat ini. Sekarang ini saya sedang mencari informasi sebanyak-banyaknya seputar perawatan dan kesehatan bayi. Saya pernah mendengar tentang kolik yang menyebaban bayi menangis terus. Kebetulan keponakan saya juga menderita kolik, orangtuanya sampai stres menghadapi bayi yang sangat rewel ini.

mencegah bayi kolik

(c) shutterstock.com

Pertanyaan saya, apa yang menyebabkan kolik pada bayi dan bagaimana menghindarinya? Bagaimana cara mengatasi bayi yang kolik dan apakah kolik ini menyakitkan untuk bayi? Mohon penejelasan.

Sponsored link:

Advertisement by Google

JAWAB :

KolikĀ  pada bayi adalah kondisi dimana seorang bayi yang sehat menangis atau berteriak lebih sering untuk durasi yang cukup lama tanpa sebab yang jelas. Biasanya muncul pada bayi-bayi sehat saat usia 2 minggu pertama sampai dengan usia 4 bulan dan dapat terjadi baik pada bayi yang minum ASI maupun susu formula.

Kolik biasanya muncul sewaktu-waktu dan menghilang dengan sendirinya saat serangan terjadi. Beberapa teori penyebab kolik diantaranya lingkungan si bayi yang tidak membuatnya nyaman, stres, paparan asap rokok, kram perut, overfeeding, dan sebagainya.

Sebagian bayi yang alergi terhadap protein susu sapi juga dapat mengalami kolik perut. Penanganannya adalah dengan menghindari kemungkinan-kemungkinan penyebab kolik tersebut di atas, dan dengan memberinya rasa nyaman, terlindungi dan penuh kesabaran.

Sumber: kompas.com

Sponsored link:

loading...

Related Posts