Menghilangkan Kerak Bekas Kopi Dan Teh Pada Gelas

Apakah Anda penggemar kopi atau teh? Atau Anda sering menghidangkan kopi dan teh pada tamu-tamu Anda? Memang kedua jenis minuman di atas merupakan minuman yang paling lazim dihidangkan untuk menjamu tamu atau teman duduk-duduk bersama keluarga di pagi atau sore hari.

menghilangkan kerak bekas kopi

Namun gelas, cangkir, atau teko yang sering digunakan untuk menyeduh biasanya akan mengalami perubahan warna karena bekas teh atau bekas kopi. Yaitu menjadi kuning kecoklatan dan buram, sehingga tidak enak dipandang. Selain itu mungkin Anda malu untuk menyuguhkannya pada tamu karena gelas atau cangkir tampak kotor. Teh dan kopi memang dapat meninggalkan bekas berupa kerak yang sulit dihilangkan meskipun sudah digosok.

Bekas kopi atau teh disebabkan karena zat pada kopi dan teh yang bereaksi dengan mineral yang terkandung dalam air. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan kerak bekas teh maupun bekas kopi, di antaranya adalah:

Sponsored link:

Advertisement by Google

Sebelum mencuci, taburi atau oleskan gelas, cangkir, atau teko dengan asam sitrat sampai rata. Tunggu beberapa saat, lalu gosok dengan kawat penggosok dengan agak kuat. Setelah itu bilas dengan air bersih kemudian dicuci dengan sabun seperti biasa. Maka perkakas pecah belah Anda akan kembali cemerlang.

Siapkan jeruk nipis lalu diiris menjadi 2 atau 4 bagian. Keluarkan airnya dengan cara memeras, kemudian kucurkan air jeruk nipis pada gelas yang berkerak tersebut. Tunggu beberapa saat lalu gosok-gosok hingga bersih. Terakhir, cuci gelas dengan sabun seperti biasa.

Cara lain untuk menghilangkan kerak bekas kopi dan teh pada gelas, cangkir dan teko adalah dengan cuka masak dan baking soda. Caranya sama seperti penggunaan asam sitrat dan jeruk nipis.

Ada cara lain lagi yaitu dengan cara mengamplasnya. Pilih amplas yang paling halus, lalu amplas perkakas dengan hati-hati supaya tidak pecah.Cara ini tidak banyak direkomendasikan, jadi ada baiknya abaikan saja.

Catatan : Dari beberapa cara yang tersaji diatas, membersihkan dengan jeruk nipis adalah yang paling direkomendasikan. Selain karena praktis, penggunaan bahan alami jauh lebih aman untuk diterapkan sehari-hari. Silahkan pilih cara paling aman dan termudah untuk Anda.

Itulah beberapa bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan kerak bekas kopi dan teh. Supaya gelas atau teko tidak mudah berkerak, maka sebaiknya tidak menyeduh teh atau kopi telalu lama dalam gelas atau teko tersebut.

Sponsored link:

loading...

Related Posts