Mengenalkan Puasa Pada Anak : Tularkan Sukacita Sambut Ramadhan Pada Si Kecil

Bulan suci Ramadhan kembali datang, saatnya mengenalkan puasa pada anak. Sebagaimana umat muslim lainnya kita pun menyambut bulan seribu ampunan ini dengan penuh segala sukacita. Tak ketinggalan, berbagai persiapan untuk menjalani ibadah puasa sudah dilakukan oleh banyak umat muslim jauh-jauh hari. Lalu bagaimana mengajarkan untuk memaknai kedatangan bulan suci ini kepada anak-anak kita?

mengenalkan puasa pada anak

“Pertama kita harus bersyukur  bahwa kita sebagai manusia masih diberikan usia panjang dan diberikan kesempatan oleh Allah untuk mendapat rahmat bulan Ramadhan dan sebagai orang tua masih diberikan kesempatan untuk mengajarkan serta memberi contoh bagi anak-anak kita bagaimana cara memanfaatkan bulan suci,” jelas Elly Risman, Psikolog dan Pakar Parenting Kita Dan Buah Hati Foundation.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Selain itu, “Tunjukkan rasa sukacita, kegembiraan dan syukur kita menyambut bulan Ramadhan  kepada anak-anak. Anak-anak kan pada dasarnya belajar dengan mencontoh, melihat sikap dan perilaku kedua orangtuanya. Jadi, jika orangtua menunjukkan rasa sukacitanya menyambut Ramadhan, anak –anak akan tertular  perasaan yang sama dan mendorong mereka untuk bergembira dalam menyambut ibadah puasa,” urainya lagi.

Menurut Elly Risman, banyak cara dalam menularkan rasa sukacita dalam menyambut bulan suci kepada anak-anak. Mulai dengan cara bercerita tentang keistimewaan bulan Ramadhan, mengenalkan istilah-istilah dalam berpuasa hingga mulai merencanakan mengatur menu sahur dan berbuka. Dengan begitu akan timbul rasa suka dalam diri anak untuk menjalankan ibadah puasa.

Mengapa anak harus ditumbuhkan rasa sukanya terlebih dahulu? Karena bagian perasaan pada otak tumbuh matang lebih dahulu daripada bagian berpikir. Dengan timbul rasa suka anak akan memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu –termasuk ibadah– bukan karena atas paksaan, melainkan karena ia memang suka melakukannya.

Sumber : www.kitadanbuahhati.com

Sponsored link:

loading...

Related Posts