Mengenal Apa itu Jerawat Batu dan Bagaimana Cara Mencegahnya dengan Tepat

Siapa yang tidak akan merasa kesal ketika menemukan jerawat yang tiba-tiba muncul di wajah mulus anda ketika bangun tidur di pagi hari? Yang lebih parah lagi adalah ketika anda menyadari bahwa jenis jerawat yang mampir ke wajah anda adalah jerawat batu. Nah, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai jenis jerawat ini. Yang pertama adalah bahwa jenis jerawat ini diketahui sebagai jenis jerawat paling parah dibandingkan jenis lainnya. Pada umumnya, jerawat jenis ini lebih sering berkembang pada area wajah atau lainnya di tubuh seseorang misalnya kulit punggung.

jerawat

Jenis jerawat yang memiliki istilah kedokteran cystic acne ini memiiki ciri-ciri yang khas sehingga anda akan mudah mengenalinya di wajah anda. Umumnya, jerawat batu memiliki tekstur seperti benjolan pada wajah atau kulit area tubuh lainnya yang biasanya berisi cairan berwarna putih atau transparan. Banyak orang dengan jerawat jenis ini mengaku merasa kesakitan terutama ketika benjolan jerawat mulai membesar hingga lama kelamaan mengering dengan sendirinya. Jika anda akhirnya tidak sabar dengan rasa sakit yang ditimbulkan oleh jenis jerawat ini, pemencetan yang kurang hati-hati dapat menyebabkan munculnya bopeng atau noda gelap pada wajah anda. Dan ingatlah bahwa bekas jerawat ini akan sangat sulit untuk dihilangkan.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Nah, sebelum mengetahui beberapa cara pencegahan munculnya jerawat jenis ini, yuk mari kita simak beberapa penyebab kemunculannya terlebih dahulu. Pada dasarnya penyebab dari munculnya cystic acne ini sama saja dengan jenis jerawat yang lain. Beberapa diantara lainnya adalah kelenjar minyak berlebihan yang terlalu aktif pada wajah anda. Tak heran, kebanyakan orang yang berjerawat batu memang memiliki jenis kulit wajah yang berminyak.

Selain kelebihan kelenjar minyak, sel kulit mati yang terlalu banyak menumpuk di dalam pori-pori bisa menjadi salah satu penyebab munculnya jenis jerawat paling parah ini. Berkembangnya bakteri penyebab jerawat yang dinamakan Propionibacteria pun disinyalir dapat menjadi pemicu munculnya jerawat jenis ini.

Memang benar banyak sekali pernyataan yang mengatakan bahwa menyembuhkan jerawat batu lebih sulit dibandingkan menyembuhkan jenis jerawat lainnya. Namun, anda tak perlu khawatir tentang hal tersebut selama anda tahu cara mencegah kemunculan jerawat jenis ini dengan tepat serta aman. Menjaga pola makan dengan hanya mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi serta mengontrol asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh anda adalah salah satu cara pencegahan yang tepat. Selain itu, anda tak boleh lupa untuk rajin membersihkan wajah anda agar kotoran dan debu tidak menempel pada wajah anda.

Saat ini banyak sekali ditemukan produk pembersih wajah yang cukup praktis serta aman untuk digunakan  setiap hari. Pilihlah produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit anda agar hasilnya lebih optimal.

Sponsored link:

loading...

Related Posts