Tips Dan Cara Menangkarkan Burung Murai Batu

Tips menangkarkan burung Murai Batu ini adalah jenis kicauan yang banyak diminati karena bentuk dan kicau yang indah. Untuk menangkarkan burung ini sebenarnya mudah seperti burung kicauan lainnya. Disini saya akan berbagi tentang bagaimana menangkarkan burung murai batu agar potensi keberhasilannya besar.

Permasalahan yang sering ditemui oleh peternak adalah percampuran jantan dan betina yang telah lama tetapi tidak bertelur. Atau bertelur tetapi tidak menetas. Hal ini terjadi ketika jantan dan betina memiliki birahi yang berbeda sehingga telur yang ada tidak dibuahi.

Tahapan Menangkarkan Murai Batu

Agar prosentase keberhasilan perkawinan murai batu jantan dan betina harus ada tahapan-tahapan yang harus diikuti. Berikut adalah tahapan-tahapan berdasarkan pengalaman saya dan banyak penangkar bururng murai batu lainnya:

Sponsored link:

Advertisement by Google

  • Pilihlah indukan yang tengah birahi, hal ini biasanya ditandai dengan agresifitas yang tinggi, sering berkicau dan telah berumur.
  • Memperkenalkan indukan jantan dan indukan betina. Caranya dengan menempatkan kedua burung tersebut dalam sangkar gantung yang terpisah berkerodong agar tidak saling terlihat. Sampai saling sahutan dan seirama.
  • Buka kerodong dengan jarak antara kedua sangkar 4 meter. Jangan langsung disatukan, karena indukan jantan dapat menyerang bahkan dapat membunuh induk betina. Sampai satu mingguan.
  • Tempatkan sangkar lebih dekat lagi. Misal dengan jarak sangkar mereka menjadi 1 – 2 meter. Sampai kedua burung sudah saling cocok, cirinya jantan akan memperlihatkan bahasa tubuh, seperti mengibas-kibaskan ekornya dan menampilkan suara yang merdu untuk menarik perhatian individu betina.
  • Selanjutnya perhatikan betinanya, jika hanya diam diri di atas tangkringan saja, itu menandakan belum siap untuk kawin. Jika betina mengambil posisi membungkuk dan melebarkan kedua sayapnya, itu menandakan sudah benar-benar siap untuk kawin.
  • Kalau sudah begitu segera masukkan kedua indukan dalam kandang penangkaran yang besar. Tapi jantan usahakan masih didalam sangkar yang digantung di dalam kandang besar. Sampai betina terlihat sering hinggap disekitar sangkar indukan Jantan.
  • Kemudian keluarkan indukan Jantan dari sangkar gantung.
  • Tunggu sampai terjadi perkawinan, biasanya setelah itu betina akan membangun sarang dan bertelur.

Demikin tips menangkarkan burung murai batu agar prosentase keberhasilan besar dan minimal resiko. Jika anda membutuhkan anakan dan indukan murai batu yang berkualitas bisa menghubungi peternak Murai Batu terdekat di Kota Anda.

Sumber : maskicau.com

Sponsored link:

loading...

Related Posts