Mari Kita Cari Tahu Makanan yang Mengandung Kalsium Apa Saja Yuk!

Selain karbohidrat, protein, vitamin serta glukosa, satu lagi asupan penting yang harus banyak anda konsumsi adalah kalsium. Kandungan kalsium sangatlah penting terutama untuk menjaga kesehatan tulang serta gigi anda. Patinya anda semua tahu kan, bahwa tulang dan gigi adalah dua bagian penting pada tubuh anda yang dapat menyokong kinerja tubuh anda ketika bergerak juga mengolah makanan di mulut. Bayangkan saja bila seandainya anda memiliki masalah kesehatan yang berhubungan dengan kedua bagian tubuh ini. Nah, jika anda tak ingin mendapatkan masalah pada kesehatan tulang dan gigi anda, mengkonsumsi makanan yang mengandug kalsium sangatlah wajib hukumnya.

makanan yang mengandung kalsium

Terdapat beberapa makanan kaya akan kalsium yang bisa anda konsumsi setiap harinya selain asupan makanan lainnya dengan porsi yang sesuai dengan ketentuan makanan empat sehat lima sempurna.

Daftar makanan kaya kalsium yang pertama adalah kacang almond. Kacang jenis ini adalah sumber makanan kaya kalsium yang akan lebih enak dikonsumsi sebagai campuran oatmeal atau salad di waktu sarapan anda. Setiap gram kacang jenis ini diperkirakan mampu memberikan kebutuhan kalsium harian anda hingga 264 mg. Selain kacang almond, kacang kedelai pun tak kalah kaya akan kalsiumnya. Dengan banyaknya keluarga kacang kedelai dengan sebutan beragam seperti kedelai putih, hitam, hijau dan edamame, sumber kalsium tinggi ini pun banyak diolah menjadi makanan yang enak pangan misalnya tempe, tahu, susu kedelai dan juga kecap.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Wijen merupakan jenis biji-bijian yang diketahui sebagai sumber kalsium bagi tubuh sehat anda. Jangan terpaku pada ukurannya yang mini. Walaupun dengan ukurannya yang sangat kecil serta ringan, biji wijen ternyata menawarkan kandungan kalsium yang begitu tinggi. Bahkan anda dapat memperoleh hingga 500 mg kalsium hanya dalam setengah mangkuk kecil biji wijen saja.

Mari beralih ke dedaunan berwarna hijau segar. Ada beberapa jenis sayuran yang juga mengandung kalsium yang sangat tinggi. Beberapa diantaranya adalah brokoli, bayam, selada, seledri, sawi serta rumput laut. Setiap sayuran hijau baik yang tumbuh di darat maupun air memiliki porsi kandungan kalsium yang berbeda dari satu ke yang lainnya. Misalnya, anda bisa memperoleh kandungan kalsium harian hingga 250 mg dalam semangkuk bayam yang direbus. Anda pun akan mendapatkan lebih banyak kandungan kalsium dalam semangkuk penuh selada air bahkan hingga 355 mg.

Sedikit berbeda dengan sayuran hijau yang biasanya tumbuh di darat, rumput laut yang banyak hidup di laut pun mampu memenuhi kebutuhan kalsium harian anda paling tidak sebesar 135 mg. Selain kaya akan kalsium, rumput laut pun juga baik untuk kesehatan pencernaan anda. Anda pun bisa mengkonsumsi jenis sayuran laut ini dengan merebusnya sebentar atau langsung memakannya mentah.

Sponsored link:

loading...

Related Posts