Manfaat Yoga Secara Rutin Bisa Minimalisir Penyakit Kronis

Manfaat yoga bagi kesehatan tubuh  sudah sangat dikenal. Latihan-latihan yoga bermanfaat untuk membuat tubuh fleksibilitas tubuh serta pikiran, mengencangkan otot, mengurangi stres dan kecemasan. Antivitas latihan yoga biasanya terdiri dari latihan pernapasan, olah tubuh dan meditasi. Dan ternyata menurut hasil dari beberapa studi menemukan jika latihan yoga dilakukan secara tepat dan rutin bisa untuk meminimalisir penyakit-penyakit tertentu.

manfaat yoga untuk minimalisir penyakit kronis

(c) shutterstock.com

Manfaat Yoga Untuk Minimalisir Penyakit Kronis

Berikut ini beberapa penyakit yang bisa diminimalisir dengan latihan yoga secara rutin dan benar.

1. Mengurangi Resiko Gangguan Ritme Jantung

Frekuensi getaran jantung yang tidak normal dan tidak terkendali atau yang disebut dengan fibriasi atrial. Getaran jantung yang tidak normal ini bisa menyebabkan pusing, jantung berdebar-debar, sesak nafas dan lebih parah lagi bisa meningkatkan resiko gagal jantung. Menurut hasil studi dari University of Kansas, manfaat yoga selama dua minggu sekali  bisa mengurangi resiko getaran jantung yang tidak normal atau fibriasi atrial.

Sponsored link:

Advertisement by Google

2. Penyakit Liver

Beberapa postur dalam latihan yoga mampu melancarkan peredaran darah di perut dan menjaga kesehatan dan fungsi liver. Dimana liver merupakan organ tubuh yang sangat penting yang berfungsi untuk menyimpan nutrisi, vitamin dan mineral dan di proses menjadi bahan kimia untuk menyehatkan tubuh sekaligus membuang racun-racun yang bersarang di dalam tubuh.

Untuk mengatasi penyakit liver sebaiknya latihan yoga dengan memperbanyak latihan pernapasan dan banyak minum air putih untuk membuang zat-zat beracun dalam tubuh.

3. Kanker Payudara

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa wanita pasien yang mengidap kanker payudara yang rutin melakukan latihan yoga lebih mampu mengatasi dan mengelola dengan efektif efek buruk dari pengobatan seperti pengobatan dengan menggunakan radiasi atau kemoterapi.

Wanita yang menderita kanker payudara metaststik yang rutin melakukan latihan yoga lebih diuntungkan daripada yang tidak melakukan latihan yoga. Latihan yoga bisa dilakukan satu minggu sekali selama tiga jam untuk mengatur kadar hormon, mengurangi kelelahan, ketidiak nyamanan tubuh, perdangan,nyeri dan membuat rileks para pasien kanker payudara.

4. Menopause

Manfaat yoga secara rutin dan teratur mampu mengurangi gejala-gejala menopause seperti haid tidak lancar, sudah tidur, mudah marah, penurunan hasrat seksual dan meningkatnya berat badan. Pose-pose gerakan yang efektif bagi wanita menopause adalah pose pohon, padmasana, tada-asana, memutar tulang punggung, kapalbhati.

Itu tadi manfaat yoga secara rutin bisa minimalisir penyakit kronis dan penjelasannya yang bisa kami bagikan kepada anda. Semoga artikle ini bermanfaat.

Sponsored link:

loading...

Related Posts