Lebih Jauh Tentang Mimpi dan Siklus Tidur

Tidur, kata yang kelihatannya sederhana tapi menyimpan banyak keajaiban. Dengan tidur, tubuh melakukan aktivitas mengeluarkan zat-zat yang berguna bagi kita, kita dapat menghilangkan stres setelah seharian beraktivitas, dan masih banyak keajaiban yang lainnya. Tidur yang baik adalah pada saat malam hari selama 7 jam. Tidur dengan kualitas baik ditandai dengan ketika kita bangun tidur pada pagi hari, kita merasa segar.

mimpi dan siklus tidur

Tidur memiliki siklus yang disebut siklus tidur. Siklus tidur ini terdiri dari dua tahap yaitu tidur dengan bermimpi dan tidur tanpa mimpi. Tidur dengan bermimpi biasanya ditandai dengan adanya gerakan mata yang cepat di bawah kelopak mata yang tertutup. Untuk mencapai tidur dengan bermimpi kita akan melewati beberapa tahap yang pertama adalah mengantuk, kedua tidur lelap, ketiga tidur semakin lelap dan terakhir sampailah pada tahap tidur dengan bermimpi.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Siklus tidur ini dimanfaatkan seorang ahli terapi psikoanalisis untuk menganalisis masalah kliennya melalui mimpi yang dialami kliennya kemudian terapis ini akan mencari arti mimpi kliennya. Dari arti mimpi itu, terapis akan mengetahui masalah apa yang terjadi pada kliennya. Karena menurut aliran psikoanalisis ini, banyak keinginan-keinginan yang ditekan ke dalam alam bawah sadar dan dapat diungkap ketika seseorang sedang tidur, karena pada saat tidur keadaan energi psikis seseorang melemah, sehingga mudah untuk mengangkat masalah yang ditekan itu dari alam bawah sadar ke alam sadar.

Ada sebagian orang yang mengalami gangguan tidur. Apakah termasuk Anda? Gangguan tidur ini mencakup rendahnya jumlah, kualitas atau waktu untuk tidur. Gangguan tidur yang biasanya dialami adalah insomnia dan gangguan mimpi buruk. Kedua gangguan tidur ini biasanya disebabkan oleh stres, trauma dan keinginan yang tidak terwujud. Untuk mengatasi gangguan tidur ini, lakukanlah relaksasi untuk menghilangkan stres yang sedang dihadapi. Relaksasi dapat dilakukan dengan mendengarkan musik lembut sebelum tidur dan jangan memikirkan hal-hal yang akan Anda lakukan besok, karena hal ini hanya akan mengganggu tidur Anda.

Sponsored link:

loading...

Related Posts