Lakukan 5 Langkah Pertolongan Pertama Pada Demam Ini Biar Tidak Tersiksa

Kali ini kita mau ngomongin tentang 5 langkah pertolongan pertama pada demam agar kamu atau teman kamu yang mengalami ini bisa sedikit lega dan tidak merasa tersiksa. Kalau tubuh kamu diserang demam, maka rasanya pasti akan sangat menyiksa sekali. Serba salah dan nggak enak, mo ngapa-ngapain, mau beraktivitas juga tidak bisa. Bahkan dalam kondisi tertentu untuk menggerakkan badan saja susah banget.

pertolongan pertama pada demam

Demam ini merupakan respon yang alami dari tubuh untuk melawan bakteri dan virus penyebab infeksi. Disaat suhu tubuh kamu naik atau demam ini, maka kuman pada tubuh kamu akan dibuat menjadi lemah serta dicegah supaya tidak semakin banyak. Sebab demam inilah cara alami tubuh untuk melindungi diri kita, sehubungan dengan hal ini maka pengobatan yang diambilpun tidak bisa sembarangan.

Biar kondisi ini tidak semakin parah dan juga menyiksa, maka lakukan 5 langkah pertolongan pertama pada demam ini. Silahkan dicatat dan ikuti langkah-langkahnya nanti saat dibutuhkan.

Minumlah banyak air putih

Dehidrasi bisa juga membuat suhu tubuh kita naik, selain itu juga menimbulkan pusing dan sakit kepala, terjadinya kram otot, kemudian tekanan darah rendah dan bisa juga sampai muncul kejang-kejang. Jika kondisi demam, maka coba penuhilah kebutuhan akan cairan tubuh ini semaksimal mungkin sesuai kemampuan kita. Untuk orang dewasa pada umumnya membutuhkan 2 ltr air perharinya. Setidaknya setiap 2 jam sekali, kita harus minum 250 cc airputih. Perhatian! hindarilah minuman yang berkafein, hal ini dikarenakan yang paling baik untuk tubuh kita ketika demam melanda adalah air putih.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Pilih pakaian yang nyaman

Saat kondisi demam, usahakan untuk menggunakan baju yang longgar dan pilihlah yang nyaman. Jangan memakai baju yang ketat dan berlapis-lapis. Kita harsu memastikan sirkulasi udara ditubuh kita tetap terjaga dan lancar serta tubuh bisa tetap “bernapas” dengan lega dan leluasa.

Perhatikan suhu ruangan

Suhu udara pada ruangan juga harus diperhatikan, jangan terlalu tinggi atau panas. Kalau suhu panas dan terlalu gerah, maka akan menyebabkan tubuh memproduksi keringat yang berlebih dan kondisi ini bisa mengakibatkan terjadinya dehidrasi. Oleh karena itu ada baiknya kita harus selalu menjaga suhu ruangan selalu pada suhu kamar yaitu antara 20 sd 25 derajat celcius.

Mandilah dengan air yang hangat

Mandi dengan air hangat akan membantu menurunkan demam, selain itu juga membantu mengatasi otot yang kaku dan membuat tubuh kita menjadi sedikit lebih rileks. Dengan mandi maka tubuh kamu akan menjadi bersih, dan hal ini bisa membantu mencegah kemungkinan terjadinya penyebaran infeksi atau bakteri. Penting juga diperhatikan untuk menghindari penggunaan air mandi yang terlalu panas, hal ini dikarenakan air panas bisa menyebabkan naiknya suhu tubuh.

Kompres dengan air hangat

Kalau mandi tidak memungkinkan dan terlalu berat untuk dilakukan, maka cobalah untuk mengompres dengan air hangat saja. Rendamlah handuk kecil pada air hangat, setelah itu ambil dan peras. Letakkanlah pada kening ataupun di bawah lengan penderita. Cara sederhana ini bisa membantu menjaga suhu tubuh penderita kembali stabil serta akan melancarkan sirkulasi darah.Hindarilah menggunakan air es ya! karena ini akan berpotensi membuat tubuh penderita menjadi makin menggigil dan suhu pada tubuh juga makin tinggi.

Saat kamu terkena demam, maka usahakan untuk segera mengambil waktu untuk istirahat total di rumah. Usahakan waktu tidur kamu cukup dan bisa istirahat dengan berkualitas, yaitu benar-benar istirahat total.

Kalau badan ini sudah menunjukkan adanya sinyal buruk serta mendadak suhu tubuh kita meningkat maka, segera ambil tindakan pertolongan pertama pada demam seperti yang kami sajikan di atas. Jika tetap belum membaik atau malah semakin parah, maka ada baiknya segera hubungi dokter untuk bisa mendapatkan penanganan yang paling serius dan tepat.

Sponsored link:

loading...

Related Posts