Ketahui Penyebab Munculnya Komedo dan Cara Mencegahnya dengan Mudah

Ada satu lagi masalah pada kulit wajah selain jerawat membandel yang biasanya membuat para pemilik wajah mulus baik pria maupun wanita kesal bukan kepalang. Masalah pada kulit wajah ini disebut komedo. Ya, komedo biasanya ditandai dengan munculnya bintik hitam pada pucuk hidung serta area T lainnya pada wajah seperti dahi dan pipi yang berdekatan dengan batang hidung.

komedo

Kebanyakan wanita maupun pria lebih menyukai mengunjungi salon langganan mereka untuk membersihkan komedo-komedo nakal ini secara rutin setiap bulannya. Namun, ada juga yang nekad membersihkannya sendiri di rumah dengan menggunakan alat bantu berbahan metal.

Metode apapun boleh anda pilih. Namun akan menjadi lebih baik lagi jika anda paling tidak mengetahui beberapa penyebab munculnya komedo pada wajah sehingga anda dapat melakukan pencegahan secara tepat dan aman tanpa membuat kulit wajah anda bentol-bentol dan bengkak akibat berjibaku dengan komedo ini.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Terdapat sedikitnya lima penyebab umum sering mampirnya komedo pada kulit wajah anda. Salah satunya adalah produksi minyak berlebih pada wajah anda. Kelebihan produksi minyak pada wajah ini biasanya cenderung dialami pada masa pubertas atau menstruasi. Cara pencegahannya cukup mudah yaitu dengan rajin mencuci wajah anda dengan sabun pembersih muka yang dipilih sesuai dengan jenis kulit wajah anda. Selain jenis sabun pembersih wajah, ada juga beberapa produk pembersih satu atau dua langkah yang dapat anda pakai secara rutin setiap hari. Keduanya efektif mengurangi kelebihan minyak serta menyingkirkan kotoran yang menempel di wajah anda.

Penyebab selanjutnya adalah pemakaian make up yang berlebihan. Perlu anda ketahui bahwa menjadi cantik itu tidaklah harus menutupi wajah anda dengan make up berlebihan. Kulit anda juga butuh bernapas. Pemakaian make up berlebihan seperti penggunaan pelembab, foundation, tabir surya serta jenis make up lainnya secara berlebihan dapat menutup pori-pori kulit bahkan menyebabkan iritasi yang berakhir pada munculnya jerawat serta komedo. Mulailah untuk tampil alami dengan make up secukupnya sehingga anda dapat mencegah munculnya komedo pada wajah cantik nan alami anda.

Selain dua penyebab diatas, munculnya komedo di wajah cantik anda juga disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Minumlah minimal dua liter air putih serta mengkonsumsi banyak sayuran dan buah untuk memperbaiki asupan makanan anda. Perbanyak olahraga agar keringat dapat keluar secara alami, bukannya menyumbat pori-pori dengan kelenjar minyak berlebih. Stress yang berlebihan pun dapat memicu timbulnya komedo hingga jerawat batu yang paling parah sekalipun. Untuk itu, kelola pribadi anda agar terhindar dari stress berlebih. Gunakan waktu luang untuk beristirahat yang cukup atau luangkan waktu bebas anda untuk berlibur sebagai obat stress anda.

Sponsored link:

loading...

Related Posts