Ketahui Penyebab Ginjal Bocor, Gejala Serta Penanganannya

Penyebab ginjal bocor. Organ ginjal pada tubuh berfungsi sebagai alat untuk membuang sisa metabolisme dalam tubuh, serta untuk mengatur komposisi serta volume cairan dalam tubuh. Pada ginjal yang sedang mengalami gangguan akan menurunkan fungsi nefron. Ginjal bocor atau yang disebut dengan nefrosis atau sindrom nefrotik adalah suatu gangguan yang terjadi pada ginjal seseorang yang ditandai dengan edema, hipoalbuminemia, proteinuria, dan hiperlipidemia. Ginjal bocor bukanlah ginjal yang bolong sehingga mengakibatkan ginjal bocor. Sebenarnya ginjal bocor terjadi karena ginjal tidal mampu bekerja dengan optimal, karena rusaknya ginjal dan adanya timbunan pada ginjal.

Ketahui PENYEBAB GINJAL BOCOR, Gejala Serta Penanganannya

Penyakit ginjal bocor biasanya menyerang anak-anak. Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa sekitar 70 sampai dengan 80% kasus ginjal bocor terjadi pada mereka sebelum usia 16 tahun. Pernah ada insiden tertinggi adalah pada usia 6 sampai dengan 8 tahun. Berikut beberapa penyebab ginjal bocor yang jarang diketahui :

Diabetes

Diabetes dapat menjadi penyebab ginjal bocor, karena glukosa darah yang tinggi dan diperberat dengan tekanan darah yang tinggi. Jika diabetes yang terjadi pada seseorang begitu lama, maka akan semakin mudah orang tersebut mengalami kerusakan ginjal atau ginjal bocor.

Diet tinggi protein

Ginjal bocor disebabkan pula oleh diet tinggi protein. Ingin, diet harus mencari wawasan yang lebih luas lagi mengenai apa diet yang aman tanpa efek samping yang berarti. Salah-salah justru diet yang Anda lakukan justru akan menimbulkan penyakit seperti yang satu ini, yaitu ginjal bocor. Diet tinggi protein akan menurunkan kadar albumin plasma karena filtrasi glomerulus terhadap protein dan dapat membuat fungsi filtrasi glomerulus meningkat.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Gejala Penyakit Ginjal Bocor

Gejala yang timbul pada penyakit ginjal bocor yaitu kurangnya protein dalam darah sebagai akibat dari banyaknya protein yang keluar melalui urine. Gejala lainnya yaitu perut akan bengkak seperti menderita busung lapar.

Penanganan Penyakit Ginjal Bocor

Penanganan untuk penderita ginjal bocor yaitu dengan mengurangi pemberian makanan yang banyak mengandung natrium, pemantauan ketidakseimbangan cairan dalam tubuh, pemberian retriksi natrium, diuretic, dan kortikosteroid.

Sesuaikan makanan yang akan diberikan kepada penderita ginjal bocor berdasarkan jenis berat badan dan umur, agar kalorinya sesuai. Berikan makanan yang rendah kolesterol seperti susu rendah lemak. Hindari pula menggunakan bumbu pada masakan yang mengandung natrium.

Makanan yang cocok untuk penderita ginjal bocor adalah, sumber energi dan tenaga seperti beras, tepung, umbi, dan kacang. Makanan yang sudah dihilangkan garamnya seperti mentega dan margarine boleh di konsumsi penderita ginjal bocor. Hindari makanan produk nabati tau hewani yang telah diasinkan, seperti asinan dan ikan asin. Karena tidak baik untuk penderita ginjal bocor.

Perbanyak konsumsi buah dan sayuran agar ginjal mendapat nutrisi yang cukup dalam menjalankan tugasnya. Bagi penderita ginjal bocor sebaiknya banyak minum air putih serta juga aman minum sari buah dan teh.

Itulah beberapa penyebab ginjal bocor, gejala dan penanganannya. Semoga apa yang Bunda tulis ini ada manfaatnya dan jika berkenan? Bunda selalu mengajak teman-teman sekalian untuk berbagi dan peduli kepada teman-teman kita lainnya. Silahkan share artikel ini melalui jejaring sosial kalian dan semoga bermanfaat.

Sponsored link:

loading...

Related Posts