Kenali Ragam Penyebab Jerawat Di Muka Sebelum Mengatasinya

Penyebab jerawat di muka biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, baik faktor yang berada pada diri seseorang (internal) ataupun faktor yang timbul akibat adanya faktor lain dari luar atau lingkungan (eksternal). Seseorang yang sudah sering mengalami masalah jerawat biasana akan merasa tidak percaya diri dan merasa terganggu dengan masalah jerawat yang timbul. Apalagi yang timbul adalah jerawat batu, dan kita mengabaikan penyebab jerawat batu yang timbul tersebut.

penyebab jerawat di muka

Faktor awal penyebab jerawat di wajah

Beberapa penyebab jerawat yang timbul dari dalam yaitu; Pertama karena faktor pola konsumsi. Sehat dan tidaknya tubuh anda bergantung pada pola konsumsi anda setiap harinya. Pola konsumsi yang tidak sehat juga akan membuat beberapa masalah kesehatan timbul, tidak terkecuali dengan masalah jerawat. Mengkonsumsi makanan yang berlemak dan makanan-makakan yang banyak mengandung pengawet juga akan mempengaruhi timbulnya masalah jerawat, seperti mengkonsumsi kacang, telur yang berlebih. Penyebab Kedua adalah; faktor keturunan / gen seseorang. Walaupun kecenderungan timbulnya masalah jerawat diakibatkan karena gen belum tidak sepenuhnya akurat. Namun, masalah gen juga bisa terjadi pada seseorang. Orang tua yang cenderung memiliki masalah jerawat ketika usia remaja, akan menurunkan hal yang sama pada anaknya. Gen seseorang tidak hanya menurunkan sifat dasar seseorang, namun juga berbagai penyakit, dan termasuk penyakit jerawat seperti pada kasus beberapa orang.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Faktor hormonal penyebab jerawat di wajah

Penyebab ketiga adalah karena faktor hormonal. penyebab jerawat pada wajah wanita, adalah wanita yang mengalami masa menstruasi biasanya cenderung akan tumbuh jerawat di wajah. Biasanya wanita mengetahui mereka akan segera menstruasi salah satunya adalah karena timbulnya jerawat. Jerawat tumbuh biasanya mendekati masa menstruasi wanita dan ketika wanita sedang menstruasi. Hal ini karena pengaruh tubuh memproduksi hormon progesteron dalam jumlah berlebih. Ketidakseimbangan hormon inilah yang memicu timbulnya masalah jerawat pada wanita. Namun jerawat akan segera mereda ketika masa menstruasi ini selesai, tergantung masing-masing individu yang mengalaminya. Sedangkan pada laki-laki masalah hormonal yaitu hormon testosteron.

Penyebab jerawat pada wajah lainnya yang berasal dari tubuh seseorang adalah karena mengkonsumsi pil kb, bisa juga karena masalah umur seseorang, pada usia remaja akan rentan mengalami masalah pada wajah mereka. Karena pada masa-masa inilah perubahan hormonal seorang remaja yang cenderung meningkat, emosional dsb. Masalah lainnya yaitu jenis kulit. Setiap orang memiliki jenis kulit berbeda-beda. Seseorang yang memiliki jenis kulit berminyak akan mudah mengalami masalah jerawat di wajah dibandingkan dengan seseorang yang memiliki jenis kulit kering.

Faktor eksternal atau faktor dari luar / lingkungan juga memiliki peran yang cukup besar pada penyebab timbulnya jerawat di wajah. Faktor-faktor diantaranya yaitu; (1) faktor pemakaian kosmetik yang berlebihan atau tidak sesuai dengan jenis kulit kita. Pemakaian kosmetik yang banyak mengandung bahan-bahan berbahaya, mercury, alkohol, dan bahan-bahan kimia juga dapat merusak kulit dan menimbulkan jerawat. (2) faktor kedua adalah polusi udara. Baik karena polusi udara saat berkendara, atau polusi karena merokok, dan mengkonsumsi alkohol. Selain akan menimbulkan masalah jerawat, polusi udara, atau kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol akan membuat wajah tampak kusam.

Faktor luar / lingkungan lainnya adalah Paparan cahaya matahari. Terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara langsung, akan merusak jaringan epidermis kulit, membuat wajah menghitam, dan penyebab masalah timbulnya jerawat. Kemudian, Kebiasaan memencet jerawat yang tumbuh. Kebiasaan ini juga menjadi penyebab jerawat di pipi, hanya akan memperparah dan membuat iritasi pada wajah. Kebiasaan lain yang tidak kalah penting adalah tidak menjaga kebersihan wajah, rambut, pakaian dan tempat tidur. Itulah beberapa faktor-faktor penyebab jerawat di muka, yang dengan mengenali penyebabnya kita dapat memberikan penanganan yang tepat. (s)

Sponsored link:

loading...

Related Posts