Inilah Wisata Kuliner Indonesia yang Terkenal dari Tiga Wilayah

Indonesia terkenal dengan kekayaan alam dan budayanya. Banyak turis mancanegara yang datang ke Indonesia dan terpesona dengan eksotisme alam Indonesia. Tak hanya itu, makanan Indonesia pun sangat beragam dan banyak jumlahnya. Ada 33 provinsi di Indonesia dan hampir di setiap provinsi memiliki kuliner khasnya masing-masing. Wisata kuliner Indonesia sebenarnya bisa digunakan sebagai promosi pariwisata Indonesia di mata Internasional, selain potensi wisata alam tentunya.

Untuk menyebutkan satu per satu kuliner khas dari masing-masing daerah tentunya tak akan cukup. Setidaknya kawasan Indonesia ini bisa dibagi dalam tiga wilayah, yaitu Indonesia Barat, Indonesia Tengah serta Indonesia Timur. Kita bisa membaginya menjadi tiga wliayah tersebut. Berikut beberapa kuliner Indonesia yang terkenal dari dalam sampai ke luar negeri:

Pempek palembang

Pempek palembang

Wilayah Indonesia Barat

Indonesia bagian barat terdiri atas dua pulau utama yaitu Sumatera dan Jawa. Dari dua pulau tersebut ada beberapa makanan yang terkenal hingga kelezatannya melegenda. Pertama Masakan Padang. Masakan khas orang Minang ini sudah terkenal di seluruh Indonesia. Bahkan di setiap daerah pasti ada saja warung makan atau restoran Padang. Kedua masih dari Sumatera yaitu Saksang, Pelleng, dan Naniura dari sumatera Utara. Jika kamu berkunjung ke Medan pasti tak sulit untuk menemukan makanan tersebut. Yang terakhir dari sumatera adalah Pempek Palembang. Makanan khas wong kito galo ini memang sudah terkenal hingga ke seluruh nusantara bahkan ke luar negeri. Menyebrang ke Jawa ada nasi Liwet dari Jawa Barat, nasi uduk dari betawi dan Nasi Jamblang dari Cirebon. Dari Jawa tengah ada Soto Kudus, Wingko Babad dari Semarang, serta Tengkleng dari Solo. Dari Jawa Timur ada Rujak Cingur, Nasi Rawon dan masih banyak lagi.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Ayam Taliwang

Ayam Taliwang

Wilayah Indonesia Tengah

Indonesia tengah meliputi Pulau Kalimantan, Bali dan Lombok. Banyak sekali aneka macam kuliner enak dari berbagai daerah di sana. Kita pasti sudah mengenal kelezatan Soto Banjar dari Banjarmasin ataupun Bubur Pedas khas  Kalimantan Barat. Beberapa makanan lezat lain dari pulau Borneo adalah Lempok Durian dan Chai Kue dari Pontianak, Mie Sagu, Gaguduh dan tempoyak dari Samarinda, dan masih banyak yang lainnya. Sementara wisata kuliner khas Indonesia di Bali kita mengenal ada ayam dan bebek betutu, nasi Jinggo, sate Plecing dan masih banyak lagi makanan yang menggugah selera. Di sebelah timur pulau Dewata terdapat pulau Lombok yang tak kalah enak juga makanannya. Dari Lombok kita mengenal ada Plecing kangkung yang pedas dan nikmat dan juga ayam taliwang yang selalu menggoda selera jika sudah tersedia di depan mata. Ada juga sate Rembiga dan Nasi Balap yang juga terkenal dari pulau Lombok.

Sate Ulat Sagu

Sate Ulat Sagu

Wilayah Indonesia Timur

Indonesia bagian timur meliputi pulau Sulawesi, Maluku, dan Papua. Diawali dari pulau Sulawesi, kita pasti sudah taka sing lagi dengan Coto Makassar yang merupakan makanan khas dari Sulawesi Selatan. Sementara itu masih dari Sulsel ada juga Sop Konro dan Pallu Butung yang terkenal hinge ke daerah lain. Dari Maluku terkenal dengan Gohu Ikan dan Nasi Jaha. Sementara itu di Papua kita kenal ada Papeda, Ikan Bungkus, dan Sate Ulat Sagu yang khas Papua.

Sponsored link:

loading...

Related Posts