Inilah 5 Wisata pantai Yogyakarta yang mempunyai Pasir Hitam

Di kota wisata seperti Jogja, apapun bisa kamu temukan. Kalau tujuanmu adalah wisata alam, maka Jogja menawarkan dua opsi; pantai atau pegunungan. Memang jumlah Wisata pantai Yogyakarta lebih banyak daripada pegunungan. Hampir di sepanjang garis pantai selatan Jogja, terdapat banyak sekali pantai yang indah dan menawan. Pantai-pantai di Jogja ada yang berpasir hitam dan ada pula yang berpasir putih. Untuk kesempatan kali ini, kita bahas dulu pantai di Jogja yang pasirnya hitam. Berikut beberapa nama pantainya:

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Barangkali pantai Parangtritis adalah pantai paling terkenal yang ada di Yogyakarta. Letaknya secara administrative berada di kecamatan Kretek, Bantul, Yogyakarta. Kalau kamu naik kendaraan dari kota akan butuh waktu 30 menit untuk mencapai pantai. Keindahan pantai Parangtristis terletak di ombaknya yang besar serta area pantainya yang luas. Kamu bisa bermain-main sepuasnya di pantai tanpa khawatir kehabisan tempat. Selain itu, di sekitar kawasan pantai parangtritis terdapat semacam daratan yang tertutup pasir mirim gurun di timur tengah. Nama area tersebut adalah gumuk pasir, begitu warga sekitar menamainya.

Pantai Depok

Pantai Depok

Pantai Depok

Letak pantai Depok berada di sebelah barat pantai Parangtritis. Ada jalan aspal kecil yang menghubungkan Parangtritis dengan Depok. Tak seperti di Parangtritis, Pantai Depok adalah Pantai yang sibuk dengan aktifitas nelayan. Di sana kamu bisa menikmati makanan laut segar (seafood) yang dibawa nelayan langsung. Tak heran di pantai Depok terdapat banyak sekali restoran di tepi pantai serta tempat pelelangan ikan. Bagi kamu yang hobi makan seafood, pantai Depok di Jogja sangat cocok buat kamu.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Pantai Baron

Pantai Baron

Pantai Baron

Pantai ini adalah salah satu Wisata pantai Yogyakarta dan sekitarnya. Secara administratif, letaknya berada di Kabupaten Gunung Kidul. Yang menarik di Pantai Baron adalah ombaknya yang tenang sehingga banyak orang yang memberanikan diri untuk mandi di laut. Pantai ini juga merupakan pertemuan arus sungai yang mempunyai air tawar dan air laut yang asin. Sehingga air di Pantai Baron terasa payaw. Selain bermain air, kamu juga bisa menikmati wisata kuliner di Pantai berpasir hitam ini.

Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara

Letak Pantai ini ada di sebelah barat kawasan pantai Parangtritis, namun masih dalam area kabupaten Bantul. Disebut goa cemara karena banyak sekali tumbuhan cemara yang tumbuh disekitar pantai hingga membentuk lorong panjang menyerupai goa. Pantai dengan pasir hitam ini juga mirip dengan pantai di selatan Jawa lainnya dengan ombak yang tinggi dan angin yang kencang. Untuk mencapai kota ini, kamu perlu menempuh 1 jam perjalanan dari kota Yogya.

Pantai Glagah

Pantai Glagah

Pantai Glagah

Pantai Glagah secara administratif ikut ke kabupaten Kulon Progo. Pantai ini mirip dengan dermaga untuk kapal-kapal besar. Ada spot indah di pantai Glagah berupa tumpukan beton yang tidak tertata rapi. Selain itu banyak pula perkebunan buah naga di sekitar pantai yang merupakan landmark dari Kabupaten Kulon Progo ini. Kamu bisa menikmati sunset yang Indah dari pantai glagah sembari menikmati hembusan angin pantai yang sejuk.

Sponsored link:

loading...

Related Posts