Ini Dia Wisata Kuliner Palembang Cocok Untuk yang Hobi Icip-icip

Pergi ke Palembang tentunya kamu akan teringat satu makanan yang khas dari sana. Apalagi kalau bukan pempek. Ya, sudah banyak sekali yang mengenali Pempek sebagai makanan tradisional khas Palembang. Bahkan penjual Pempek sudah tersebar hingga ke seluruh wilayah Nusantara. Tapi, tahukah kamu bahwa Palembang tidak hanya Pempek? Masih banyak Wisata kuliner Palembang yang ada selain Pempek. Jika berkunjung ke Sumsel, jangan lupa kamu mampir dan menikmati makanan lezat khas Palembang ini:

Mie Celor

Mie Celor

Mie Celor

Dalam bahasa Palembang, Mie Celor adalah mei yang diseduh. Mie ini mirip mie instan biasa namun dengan kuah yang lebih lezat. Kekentalan kuah tersebut yang membedakan Mie Celor dari Palembang berbeda dengan Mie Instan biasa. Biasanya menu ini disajikan di pagi hari sebagai menu sarapan oleh warga sekitar. Campuran bahan Mie Celor adalah mie, kuah kental, bawang goreng, daun seledri dan telor rebus. Salah satu warung Mie Celor yang terkenal adalah Mie Celor 26 Ilir Asli H M Syafei.

Brengkes Tempoyak

Brengkes Tempoyak

Brengkes Tempoyak

Kuliner lezat selanjutnya dari Palembang adalah Brengkes Tempoyak. Mungkin makanan ini belum terlalu familiar untuk orang luar Palembang. Dalam bahasa Indonesia, Brengkes bisa diartikan pepes, sedangkan tempoyak adalah istilah orang Palembang untuk menyebut durian yang difermentasi. Jadi Brengkes Tempoyak adalah makanan yang dibungkus daun pisang mirip pepes yang di dalamnya berisi fermentasi durian.

Selain fermentasi durian, makanan ini pun bisa ditambah dengan bahan lain, misalnya Ikan. Orang Palembang menyukai ikan yang hidup di sungai musi seperti Ikan Patin dan Ikan Baung. Untuk menikmati kuliner Lezat ini kamu bisa datang ke Rumah Makan Pindang Pegagan Adenia yang beralamat di Jl. Gubernur H A Bastari.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Celimpungan

Celimpungan

Celimpungan

Jika kamu bosan dengan pempek Palembang, mungkin kamu bisa mencoba Celimpungan. Makanan dengan nama yang unik ini memang meyerupai pempek dengan bentuk dan bahan yang hampir sama. Bedanya, Celimpungan disiram dengan kuah santan warna kuning yang telah dicampur kaldu ikan juga. Meskipun cita rasanya mirip pempek namun tidak mudah bagi kamu untuk menemukan makanan ini di restoran-restoran. Jika kamu serius ingin makan celimpungan kamu bisa datang ke Jl. Merdeka atau Simpang 26 Ilir , Palembang.

Pindang Patin

Pindang Patin

Pindang Patin

Palembang memang dikenal dengan olahan makanan seafood-nya. Terbukti semua makanan yang terkenal di Palembang menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya. Kali ini adalah ikan Patin. Penyajiannya mirip dengan sebagian besar pindang yang lainnya yaitu daging ikan yang diguyur dengan kuah berwarna merah yang terbuat dari campuran cabe, bawang merah, terasi, asam Jawa, dan Gula. Ada pula biasanya potongan nanas dan tomat berada dalam menut tersebut. Salah satu warung makan penjual Pindang Patin ini adalah Pondek Pindang Meranjat Jakabaring, dekat dengan stadion.

Pempek dan Es Kacang Merah

Pempek dan Es Kacang Merah

Pempek dan Es Kacang Merah

Bagi banyak orang, pempek mungkin jadi makanan yang lazim dijumpai dan pasti sudah pernah menyantapnya. Namun ada yang unik di warung pempek ini yaitu es kacang merah. Dalam acara Wisata kuliner Palembang Bondan Winarno, beliau pernah makan pempek dan es disini, di warung sudi mampir.

Sponsored link:

loading...