Informasi Lengkap Terbaru Tentang Imunisasi Bayi Dan Anak

Imunisasi merupakan suatu tindakan pemberian Vaksin melalui suntikan atau oral (lewat mulut), dengan tujuan menimbulkan kekebalan di dalam tubuh bayi atau anak.

Imunisasi Bayi Dan Anak

Imunisasi sebenarnya bertujuan untuk melindungi bayi dan anak dari berbagai penyakit menular yang berbahaya.

Berbagai jenis penyakit yang dapat dicegah melalui imunisasi adalah:Imunisasi bertujuan melindungi bayi dan anak dari penyakit menular yang berbahaya.

  • TBC (Tuberculosis) : BCG
  • Difteri, Pertusisdan,Tetanus : DPT
  • Poliomielitis : Polio
  • Campak / Measles : Campak
  • Hepatitis B (Radang Hati) : Hepatitis B
  • Mumps (Gondongan),Rubela : MMR
  • Meningitis(Radang Selaput Otak) : HIB
  • Cacar : Cacar (Varilix)
  • Typhus : Typhus
  • Hepatitis A : Hepatitis ATBC (Tuberculosis)

Tuberculosis (TBC)

Tuberculosis adalah penyakit yang menyerang paru-paru dan biasanya sangat menular. Penularannya dapat melalui pernapasan (pada saat berbicara), percikan ludah yang keluar saat batuk, saat bersin dan melalui udara yang mengandung kuman TBC.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Pada anak-anak, TBC dapat menyebabkan kerusakan organ paru-paru atau bahkan cacat mental dan kelumpuhan juga otak mengalami kerusakan. Oleh karena itu, biasanya imunisasi BCG dianjurkan saat bayi berusia 0 – 3 bulan.

DPT

DPT adalah singkatan dari Difteri, Pertusis dan Tetanus. Jadi imunisasi DPT yang diberikan sekaligus ini dapat mencegah 3 jenis penyakit tersebut.

Difteri adalah penyakit yang menyerang tenggorokan, sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian hanya dalam waktu beberapa hari saja.

Sedangkan Portusis adalah penyakit radang pernapasan, yang dikenal sebagai batuk rejan atau batuk 100 hari. Gejala penyakit Portusis sangat khas, yaitu batuk yang lama dan disertai dengan keluarnya bunyi “whoop” dari napasnya dan diakhiri dengan muntah-muntah.

Penyakit Tetanus adalah penyakit kejang otot di seluruh tubuh dengan mulut terkunci tidak bisa terbuka.

Polio

Polio adalah penyakit radang yang menyerang sistem saraf dan menyebabkan kelumpuhan kedua kaki. Meskipun dapat sembuh, tetapi akan mengakibatkan kaki mengalami kecacatan berupa pincang atau bahkan lumpuh seumur hidup.

Campak

Campak adalah penyakit yang ditandai dengan demam tinggi, radang tenggorokan dan diare yang sangat berbahaya bagi bayi dan anak-anak, karena dapat mengakibatkan radang pada otak.

Hepatitis B

Hepatitis B adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus yang dapat mengakibatkan kerusakan organ hati. Penularan dapat melalui transfusi darah, air liur, pelukan di kulit yang kemudian kontak dengan darah penderita Hepatitis B. Kontak dengan barang-barang penderita Hepatitis B (sikat gigi, botol bayi, handuk, alat-alat rumah sakit, seperti gelas, piring dan peralatan lainnya).

Sponsored link:

loading...

Related Posts