Ikutilah Cara Menghilangkan Ketombe buat Rambut Anda

Rambut Anda berketombe? Jika ya pasti Anda merupakan seorang yang kurang menjaga kebersihan di area kepala, jarang keramas bahkan terlalu sering berkeramaspun bisa menyebabkan ketombe. Ketombe bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak, remaja, dewasa bahkan tua sekalipun. Ketombe pada dasarnya sel kulit yang sudah mati dan rontok dikepala. Bentuknya bersisik dan berwarna putih dan membuat kepala terasa gatal, apabila ini dibiarkan akan menimbulkan kerontokan pada rambut, tentunya Anda tidak mau bukan? Nah kali ini kami akan berbagi tips dan Cara Menghilangkan Ketombe untuk rambut Anda.

Cara Menghilangkan Ketombe

Para ahli mengatakan bahwa timbulnya ketombe pada rambut, disebabkan karena adanya jamur. Dikarenakan jamur yang berkembang biak pada folikel rambut. Jamur bisa tumbuh pada rambut yang jarang terkena paparan sinar matahari.

Bagi Anda yang sering memakai helm pada saat rambut basah, sebaiknya jangan, karena perihal ini dapat merangsang timbulnya jamur. Ada baiknya rambut dibiarkan kering dahulu setelah itu baru memakai helm.

Berikut ini tips untuk mengatasi ketombe agar tidak bersarang pada rambut Anda.

Jangan terlalu sering menggaruk kepala

Apabila kepala terasa gatal sebaiknya jangan di garuk, karena akan berdampak buruk, dan berpotensi terjadinya iritasi pada kulit kepala Anda.

Pemilihan Shampo yang tepat

Berkeramaslah selalu, tetapi tidak harus setiap hari juga, dikarenakan bisa menyebabkan kulit kepala Anda terlalu kering dan malah menyebabkan rambut Anda menjadi rontok. Lakukan keramas 2 hari sekali. Pilihlah shampo yang mengandung selenium sulfida, zinc pyrithione, asam sulfur, karena zat ini bagus untuk rambut Anda.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Akan tetapi banyak orang yang belum tentu cocok dengan pemakaian shampo yang mengandung bahan-bahan tersebut, malah cenderung ke bahan herbal yang lebih natural dan lebih bersahabat pada kulit kepala.

Dibawah ini bahan-bahan alami yang cocok untuk kulilt kepala Anda.

Cukai putih

Bahan ini dicampur sama segelas air putih untuk pembilasan terakhir setelah keramas. Bahan ini sudah dikenal oleh masyarakat traditional sebagai bahan aktif untuk pemberantasan ketombe.

Soda kue

Bahan alami ini dicampur dengan air secukupnya, dan untuk keramas anda. Bahan ini bisa memproduksi kelenjar minyak pada kulit kepala sehingga menghambat perkembangan ketombe di kulit kepala.

Jeruk nipis

Caranya sangat simpel sekali, belah jeruk nipis jadi dua bagian, setelah itu gosok-gosokan pada kulit kepala, yang penting jangan terlalu keras dalam menggosoknya. Lakukan secara rutin.

Lidah buaya

Tumbuhan ini pasti sudah tidak asing lagi bagi telinga Anda, aloe vera memang sangat baik untuk kesehatan kulit kepala dan baik untuk pertumbuhan rambut. Caranya sangat mudah sekali, ambil satu helai lidah buaya, kupas, lalu bagian yang berlendir tinggal di gosok-gosokan ke kulit kepala, lakukan dengan rutin. Untuk saat ini mungkin sangat susah untuk mendapatkan tanaman ini khususnya di daerah perkotaan, bagi Anda yang masih menetap di daerah pedesaan pasti sangat mudah untuk mendapatkanya.

Minyak almond

Lakukanlah setelah keramas, keringkan dahulu rambut Anda, setelah itu balurkan minyak almond ke rambut sampai merata. Diamkan dulu sekitar 30 menit. Untuk hasil yang significant biasanya dicampur dengan minyak zaitun.

Berikut tadi tips-tips untuk mengatasi ketombe pada rambut anda, semoga bermanfaat.

Sponsored link:

loading...

Related Posts