Haruskah Kita Segera Berhenti Berteman dengan Mantan di Sosmed?

Mungkin kita semua pernah mengalaminya, saat dalam hati bertanya-tanya, “Di-unfriend, di-unshare, di-unfollow nggak ya?”, sesaat setelah putus. Bukan karena sombong dan tidak mau berteman lagi, namun karena sebagian kecil dari hati dan pikiran Anda masih mengingatnya saat melihat “penampakannya” di media sosial.

berhenti berteman dengan mantan pacar

Pada beberapa kasus, mengetahui bahwa mantan kekasih Anda merasa sedih, hancur, dan kurang bersemangat pasca putus bisa membuat Anda senang, benar bukan? Apalagi jika dia mulai mengeluh karena sekarang statusnya jomblo. Terdengar jahat memang, dan menurut Suzana E. Flores, Psy.D., banyak wanita yang merasakan hal itu. Padahal, berbahagia di atas penderitaan orang lain sebenarnya tidak baik untuk emosi Anda.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Menurut Suzan, jika hubungan Anda berakhir dengan cara tidak baik, maka perasaan itu seringkali akan muncul. Meskipun, hal itu tidak dapat mengubah hubungan Anda dan sang mantan. Sementara itu, menurut Fran Walfish, Psy.D., perasaan senang melihat mantan menderita melalui media sosial dapat memicu timbulnya perasaan narsis dalam diri Anda, yang berasal dari harapan bahwa Anda adalah yang terbaik untuknya, atau tanpa Anda, hidupnya akan hancur. Sedangkan, jika hubungan Anda berakhir karena Anda dan si dia menyadari bahwa hubungan tersebut tidak akan berhasil, maka berteman dengan mantan di media sosial bukanlah perkara besar.

“Terpaku pada penderitaan mantan akan membuat Anda juga terpaku pada penderitaan Anda sendiri. Akan jauh lebih baik jika Anda fokus pada diri dan kebahagiaan Anda sendiri,” kata Suzan. Lalu, apakah itu berarti Anda tidak perlu berteman dengan mantan di media sosial? Jawabannya, tergantung.

“Jika hubungan itu kasar, keras atau membuat Anda merasa menderita, dan tetap berhubungan dengannya dapat melukai Anda, maka saya sarankan untuk berhenti berteman di media sosial. Atau block saja, itu adalah salah satu fungsi media sosial menyediakan fitur block. Namun jika hubungan tersebut berakhir dengan saling pengertian, saling menghargai, dan atas dasar pertemanan, tetap berhubungan dengannya melalui media sosial, bahkan melalui pesan pribadi sebagai teman bukanlah masalah,” tutup Suzan.

Akan lebih baik jika Anda tidak berteman dengan mantan di media sosial. Mungkin awalnya berat dan seperti ada yang kurang. Namun Anda akan merasa jauh lebih baik setelahnya. Bagaimana dengan hati kecil Anda sendiri, Ladies?

Sumber : http://bit.ly/1L7AjXd

Sponsored link:

loading...

Related Posts