Dongeng Untuk Anak : Ternyata Manfaatnya Sangat Banyak Sekali

Benarkah dongeng untuk anak itu manfaatnya banyak? Yuk kita baca dulu artikel ini. Pada umumnya, anak-anak senang dengan dongeng atau cerita anak. Oleh sebab itu, banyak orang tua yang membacakan dongeng sebelum anak mereka tidur. Melalui dongeng, orang tua memperkenalkan bahwa ada begitu banyak cerita yang menarik dan sekaligus bisa belajar menarik hikmah dari setiap cerita.

dongeng untuk anak

(c) shutterstock.com

Anak-anak memang senang dengan cerita anak karena sifatnya yang menghibur dan mereka dapat dengan bebas berimajinasi. Mereka biasanya terkesan dengan petualangan ceritanya, tokoh-tokohnya, tempat peristiwanya bahkan alat bantu yang dipakai oleh para tokoh. Mendengarkan cerita anak membawa mereka pada dunia petualangan yang mengasyikkan. Dengan demikian, dongeng memang dapat menjadi sarana untuk menyenangkan hati anak.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Cerita anak ternyata memang memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Dengan mendengarkan atau bahkan membaca sendiri sebuah dongeng, anak akan mengenal beragam kata yang mungkin baru bagi mereka. Mereka akan bertanya jika tidak mengetahui artinya.

Selain itu, anak juga dapat mengetahui bagaimana kata-kata tersebut tersusun menjadi sebuah kalimat. Dengan mengenal beragam kata dan kalimat, dan juga ucapan-ucapan para tokoh, anak sekaligus meningkatkan kemampuan berbahasa mereka. Bahkan buku dongeng dengan dua bahasa juga akan sangat baik sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing si anak.

Manfaat lainnya dari sebuah cerita anak adalah melatih daya imajinasi. Dengan mendengarkan suatu cerita, anak merasa ikut masuk dalam cerita tersebut. Mereka bisa memposisikan diri sebagai sang tokoh idola. Melatih daya imajinasi sangat baik untuk pertumbuhan otak anak karena mampu meningkatkan kreativitas. Melatih daya imajinasi dengan cerita anak melatih kemampuan untuk berpikir secara lebih luas atau out of the box.

Selain manfaat di atas, cerita anak juga mampu mempererat ikatan emosi antara orang tua dan anak. Entah itu dengan cara orang tua membacakan dongeng atau dengan mendampingi anak untuk sekaligus berlatih membaca. Cerita anak akan membuat anak senang, mereka juga akan bertanya, hal ini dapat membuat percakapan antara orang tua dan anak. Percakapan dan sekaligus waktu kebersamaan inilah yang mampu mempererat ikatan emosi orang tua dengan anak dan sebaliknya.

Sponsored link:

loading...

Related Posts