Cara Mudah dan Alami Merawat Rambut Agar Tidak Rontok

Kerontokan pada rambut bisa terjadi pada siapa saja baik pria ataupun wanita. Rambut yang rontok akan sangat mengganggu apalagi jika terjadi terus-menerus dan dalam jumlah yang banyak. Kerontokan pada rambut bisa mengakibatkan kebotakan jika terjadi terus menerus dan tidak diatasi dengan baik. Penyebab kerontokan pada rambut bisa terjadi karena faktor genetik, penyakit, rambut kurang nutrisi, dan perawatan rambut yang tidak tepat. Faktor genetik dan penyakit sangat jarang ditemui, banyak orang yang mengalami kerontokan rambut karena dua sebab terakhir, yaitu kurang nutrisi dan perawatan rambut yang salah atau tidak tepat.

Cara Alami Merawat Rambut

Mencegah kerontokan rambut lebih mudah dan juga lebih bagus dari pada mengatasi rambut rontok. Untuk mencegah kerontokan pada rambut harus dilakukan dengan merawat rambut dengan baik. Berikut cara alami dan mudah untuk merawat rambut agar tidak rontok.

  1. Rutin keramas

Untuk mencegah kerontokan pada rambut yang paling utama dilakukan adalah keramas rutin minimal dua hari sekali. Keramas tidak hanya sekedar membasahi rambut saja dengan menggunakan air gunakanlah shampoo yang memang cocok dengan kulit kepala teman-teman. Gunakan shampoo anti-hair fall untuk mencegah kerontokan rambut.

  1. Gunakan conditioner

Menggunakan conditioner merupakan salah satu cara agar rambut tidak rusak dan melembutkan rambut. Penggunaan conditioner secara rutin akan mengurangi rambut rontok karena patah.

Sponsored link:

Advertisement by Google

  1. Sesekali rawat dengan bahan alami

Untuk menjaga agar rambut tidak mudah mengalami kerontokan salah satu jalannya yaitu menggunakan bahan alami untuk dijadikan masker rambut bahan alami yang terbukti ampuh. Untuk menjaga agar rambut tetap sehat, teman-teman bisa menggunakan kemiri, lidah buaya, dan seledri. Ketiga bahan ini dapat teman-teman gunakan sebagai masker rambut satu atau dua minggu sekali.

  1. Gunakan sisir bergigi renggang

Kerobohan pada rambut sering terjadi ketika teman-teman sedang bersisir. Untuk mencegah kerontokan pada rambut, gunakanlah sisir yang bergigi renggang. Sisir yang seperti ini dapat mengurangi masalah kerontokan atau mencegah kerontokan pada rambut kalian.

  1. Jangan terlalu sering mengikat rambut

Untuk menghindari kerontokan pada rambut yang paling penting adalah jangan mengikat rambut terlalu sering. Boleh saja mengikat rambut, tapi gunakan ikat rambut yang terbuat dari kain. Hindari untuk mengikat rambut dengan karet gelang karena akan membuat rambut menjadi rontok. Ketika teman-teman akan tidur, sebaiknya biarkan saja rambut tergerai. Yang terpenting jika ingin mengikat rambut jangan ikat terlalu kencang.

Agar rambut terjaga kesehatannya dari dalam, teman-teman perlu untuk mengkonsumsi makanan yang sehat. Perbanyaklah makan sayur dan juga buah-buahan yang kaya vitamin E dan juga vitamin D serta mineral lainnya yang baik untuk rambut. Dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin dan mineral kerontokan rambut bisa dicegah. Tidak hanya mengatasi kerontokan saja, tapi hal ini juga akan memberikan kesehatan pada rambut kalian. Rambu akan berkilau dan juga hitam serta tebal.

Sponsored link:

loading...

Related Posts